SILABUS
PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS
“RUMAH SAREH”
Oleh:
Sareh Siswo Setyo Wibowo
PURBALINGGA
2018
Silabus pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-1
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
1. Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan
lantang |
Contoh: Guru: chalk Siswa: chalk Guru: book Siswa: book |
§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD § Masing-masing siswa mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
Listen to the words and repeat. Guru: crayon Murid: (mengulang dengan ucapan lantang) |
2 x 45 menit |
· Gambar- gambar/ benda terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Tatap Muka Ke-2 |
||||||||
2. Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai instruksi secara berterima |
Contoh: Guru: Stand
up. Siswa: (berdiri) Guru: Sit
down. Siswa: (duduk) Guru: Make
a line. Siswa: (berbaris) |
§ Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang
diberikan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD |
§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi
yang didengar |
Unjuk kerja |
Responding |
Listen to the instructions and follow them. Guru: Jump. Siswa: (melompat) |
2 x 45 menit |
· Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-3
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
3. Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang |
Contoh: A: What
is this? B:
This is Family Photos. A: Who
is he? B: He is
my brother. A: What
are you doing? B: I am
studying with my nephew |
§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai
materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai
materi dalam situasi nyata |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan suatu benda § Menanyakan seseorang |
· Tes lisan · Unjuk kerja |
· Pertanyaan · Performance |
· Answer the questions
orally! · Act out the dialogue in front
of the class! |
2 x 45 menit |
· Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
Tatap
Muka Ke-4 |
||||||||
4. Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda |
Contoh: A: What
are you doing? B: I am studying
to make me smart A: Is
Your Daddy funny? B: no,
he is smart. |
§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai
materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai
materi dalam situasi nyata |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan
seseorang § Menyebutkan ukuran sebuah benda |
Tes lisan |
Pertanyaan |
Answer
the questions orally! |
2 x 45 menit |
· Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-5
Kompetensi Dasar |
Materi
Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||
5. Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam
berbagai permainan dengan ucapan lantang |
Contoh: Guru: Boxing Siswa: Boxing Guru: Billiards Siswa: Billiards |
§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD § Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau di dengar dari
kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
Listen to the names
of games and repeat. Guru: jackstone Murid: (mengulang
dengan ucapan lantang) |
2 x 45 menit |
·
Gambar- gambar terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
|
Tatap
Muka Ke-6 |
|||||||||
6. Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima |
Contoh: Guru: Quiet Siswa: (tenang) Guru: Noisy Siswa: (ramai/saling berebut) |
§ Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau
didengar dari kaset/CD |
§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar |
Unjuk
kerja |
Responding |
Listen to the instructions and
follow them. Guru: Jump. |
2 x
45 menit |
·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
|
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-7
Kompetensi Dasar |
Materi
Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||||||||||
7. Menirukan
ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima |
Contoh: Guru:
Where is my Ambulance? Siswa:
Where is Ambulance? (bersama-sama) Guru:
I have a pedicab Siswa:
I have a pedicab. (bersama-sama) |
Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan |
Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
yang tepat |
Unjuk
kerja |
Performance |
Repeat the expressions with the
correct pronunciation and intonation. Guru:
Where is my bag? It is here. |
2 x
45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks ·
Alat peraga |
||||||||
Tatap
Muka Ke-8 |
||||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi
Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||||||||||
8. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan
kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan
yang sedang dilakukan seseorang |
Contoh: A: I have a green book. B: I do not have a black pencil. A: Where is my red lunch box? B: It is here. A: What are you doing? B: I am playing pink marbles. |
§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata |
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur: § Menyebutkan kepemilikan § Menanyakan di mana suatu benda berada § Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang |
·
Tes lisan ·
Unjuk kerja |
·
Pertanyaan ·
Performance |
·
Answer the questions orally! ·
Act out the
dialogue in front of the class! |
2 x
45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks ·
Alat peraga |
||||||||
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-9
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||||||
9.
Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang |
Contoh: Guru: Apple Siswa: Apple Guru: It is Banana. Siswa: It is Banana. |
§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan
kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD § Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan
kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
Listen to the
sentences and repeat. Guru: I get up at 5
o’clock Murid: (mengulang
dengan ucapan lantang) |
2 x 45 menit |
·
Gambar- gambar/ benda terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
|||||||
Tatap Muka Ke-10 |
|||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||||||
10. Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima |
Contoh: Guru: Say, “Thank you”. Siswa: (mengucapkan “Thank you”) Guru: Shake hands. Siswa: (berjabat tangan) Guru: Kiss bye. Siswa: (cium jauh) |
§ Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau
didengar dari kaset/CD § Siswa melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang
didengar dari kaset/CD § Siswa mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar
dari kaset/ CD |
§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar § Merespon dengan melengkapi kalimat yang kosong § Merespon dengan mewarnai gambar |
·
Unjuk kerja ·
Tes tulis |
·
Responding ·
Melengkapi |
Listen to the instructions
and follow them. Guru: Say, “Happy birthday!” Listen to the
sentences and complete them. It is ___ ___ |
2 x 45 menit |
·
Gambar- gambar/ benda terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
|||||||
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka
Ke-11
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
11. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda,
menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda |
Contoh:
A: What is it? B: It is an elephant. A: Where is my Bird? B: It is on the Pet Shop. A: How many cats are there? B: There are five cats. |
§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata |
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur: § Menanyakan suatu benda § Menanyakan di mana suatu benda berada § Menanyakan jumlah benda |
·
Tes lisan ·
Unjuk kerja |
·
Pertanyaan ·
Performance |
·
Answer the
questions orally! ·
Act out the
dialogue in front of the class! |
2 x
45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks ·
Alat peraga |
Tatap
Muka Ke-12 |
||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
12. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan usia dan tanggal lahir
serta menyebutkan waktu |
Contoh: A: How old are you? B: I’m seven. A: When is your birthday? B: My birthday is in June. A: What time is it? B: It is three o’clock. |
§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata |
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur: § Menyebutkan usia dan tanggal lahir § Menyebutkan waktu |
Tes
lisan |
Tanya
jawab |
Ask and answer the questions
based on the situation or picture given. |
2 x
45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks berisi percakapan ·
Alat peraga |
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-13
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
13. Merespon dengan mengulang
kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang |
Contoh: Guru: eleven
football players Siswa: eleven
football players Guru: three houses Siswa: three houses |
§
Siswa bersama-sama mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD §
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD |
§
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang Merespon dengan
meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau
didengar dari kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon
dengan mengulang secara lisan |
Listen to the sentences and repeat. Guru: John hides behind the tree. Murid: (mengulang dengan ucapan
lantang) |
2 x 45
menit |
·
Gambar- gambar/ benda
terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
Tatap Muka Ke-14 |
||||||||
14. Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai instruksi secara berterima |
Contoh: Guru: Let’s play the piano. Siswa:
(memperagakan gerakan bermain piano) Guru: Let’s play guitar. Siswa:
(memperagakan gerakan bermain gitar) |
Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru |
Merespon dengan
memperagakan instruksi-instruksi yang didengar |
Unjuk kerja |
Responding |
Listen to the instructions and follow them. Guru: Let’s play the guitar. |
2 x 45 menit |
·
Gambar- gambar/ benda
terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka
Ke-15
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
15. Menirukan ujaran dalam
ungkapan sangat sederhana secara berterima |
Contoh: Guru: What do you play? Siswa: What do you play? (bersama-sama) Guru: I am mussision, so i play the piano. Siswa: I am mussision, so I play the piano. (bersama-sama) |
Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan |
Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
yang tepat |
Unjuk kerja |
|
Repeat the expressions with the correct
pronunciation and intonation. Guru: What do you play? I play football. |
2 x 45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks ·
Alat peraga |
Tatap Muka Ke-16 |
||||||||
16. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai
permainan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda |
Contoh: A: What do you play? B: I play the fingers. A: Where is my eyes? B: It is on the desk. A: How many moles are there? B: There are five moles. |
§
Tanya jawab yang berkaitan dengan materi §
Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi §
Latihan percakapan dalam bentuk dialog §
Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata |
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur: §
Menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai permainan §
Menanyakan di mana suatu benda berada §
Menanyakan jumlah benda |
·
Tes lisan ·
Unjuk kerja |
·
Pertanyaan ·
Performance |
·
Answer the questions orally! ·
Act out the dialogue in front of
the class! |
2 x 45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks ·
Alat peraga |
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-17
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||||||
17. Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang |
Contoh: Guru: alarm Siswa: alarm Guru: clock Siswa: clock |
§
Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD §
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD |
§
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang §
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon
dengan mengulang secara lisan |
Listen to the words and repeat. Guru: desk Murid: (mengulang dengan ucapan
lantang) |
2 x 45
menit |
·
Gambar- gambar/ benda
terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
|||||||
Tatap
Muka Ke-18 |
|||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|||||||||||||
18. Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai instruksi secara berterima |
Contoh: Guru: Stand in front of your friend. Siswa:
(berdiri di depan temannya masing-masing) Guru: Introduce yourself. Siswa:
(memperkenalkan diri) Guru: Draw an orange by left hand Siswa:
(menggambar sebuah jeruk dengan tangan kiri) |
§
Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau
didengar dari kaset/CD §
Siswa menjawab instruksi yang dikatakan guru atau yang didengar dari
kaset/CD §
Siswa membuat gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang
didengar dari kaset/ CD |
§
Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar §
Merespon dengan menjawab instruksi yang didengar §
Merespon dengan membuat gambar |
·
Unjuk kerja ·
Unjuk kerja ·
Tes tulis |
·
Responding ·
Responding ·
Membuat gambar |
Listen to the instructions and
follow them. Guru: Borrow a pencil from a friend in front of
you. Listen to the instructions and
answer them. Listen to the speaker and draw the pictures. (terdapat
gambar yang harus dibuat siswa) |
2 x 45
menit |
·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
|||||||
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka
Ke-19
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||||||||
19. Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
memperkenalkan diri, menanyakan kepemilikan, menanyakan kegiatan yang sedang
dilakukan seseorang |
Contoh: A: What is your name?Where are you? B: My name is (student’s name) I come frome
England A: What is season at your country? B: It is autumn. A: What is Mira doing when autumn? B: She is walking at park . |
§
Tanya jawab yang berkaitan dengan materi §
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan §
Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi §
Latihan percakapan dalam bentuk dialog §
Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata |
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur: §
Memperkenalkan diri §
Menanyakan kepemilikan §
Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang |
·
Tes lisan ·
Unjuk kerja |
·
Pertanyaan ·
Performance |
·
Answer the questions orally! ·
Act out the dialogue in front of
the class! |
2 x 45 menit |
· Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
||||||
Tatap Muka Ke-20 |
||||||||||||||
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||||||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||||||||
20. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: menyebutkan nama-nama benda, menyebutkan di mana
seseorang berada, dan menyebutkan kesukaan dan kepunyaan |
Contoh: A: Is he an atheist? B: yes he is. A: Where is John? B: He is in front of the mosque. A: Do you like propet Muhammad? B: Yes, I do. A: What holy book do you have? B: Al Qur’an. |
§
Tanya jawab yang berkaitan dengan materi §
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan §
Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi §
Latihan percakapan dalam bentuk dialog §
Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata |
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur: §
Menyebutkan nama-nama benda §
Menyebutkan di mana seseorang berada §
Menyebutkan kesukaan dan kepunyaan |
Tes lisan |
Tanya jawab |
Ask and answer the questions based on the
situation or picture given. |
2 x 45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks berisi percakapan ·
Alat peraga |
||||||
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-21
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
21. Merespon dengan mengulang
kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang |
Contoh: Guru: i
like tennis and badminton Siswa: i
like tennis and badminton Guru: You
finally understand what I say Siswa: You
finally understand what I say |
§
Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan
kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD §
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD |
§
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang Merespon dengan
mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon
dengan mengulang secara lisan |
Listen to the words and repeat. Guru: Cycling. Murid: (mengulang dengan ucapan
lantang) |
2 x 45
menit |
·
Gambar- gambar/ benda
terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
Tatap
Muka Ke-22 |
||||||||
22. Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai instruksi secara berterima |
Contoh: Guru: Show me you are happy in class room Siswa:
(menggambar ekspresi wajah gembira didalam kelas) Guru: On a chair. Siswa:
(memperagakan diatas kursi) |
Siswa
melakukan atau memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau
didengar dari kaset/CD |
Merespon
dengan melakukan atau memperagakan
instruksi-instruksi yang didengar |
Unjuk kerja |
Responding |
Listen to the instructions and follow them. Guru: Pretend you are angry. |
2 x 45 menit |
·
Gambar- gambar/ benda
terkait ·
Rekaman kaset/CD ·
Buku teks |
Silabus
pembelajaran
RUMAH
SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka Ke-23
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
23. Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima |
Contoh: Guru: What!
I can’t pass the exam? Siswa: What!
I can’t pass the exam?
(bersama-sama) Guru: Aha!
I’ve got a brilliant idea. Siswa: Aha!
I’ve got a brilliant idea. (bersama-sama) |
Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan |
Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
yang tepat |
Unjuk kerja |
Performance |
Repeat the expressions with the correct
pronunciation and intonation. Guru: Which one is bigger? The yellow one. |
2 x 45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks ·
Alat peraga |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok/ Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||
Tatap Muka Ke-24 |
||||||||
24. Bercakap-cakap untuk meminta / memberi informasi secara berterima
yang melibatkan tindak tutur: menanyakan permainan yang sedang dilakukan
seseorang dan menanyakan keadaan seseorang |
Contoh: A: What are you doing? B: I am playing tennis. A: How do you feel? B: I am sad. |
§
Tanya jawab yang berkaitan dengan materi §
Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi §
Latihan percakapan dalam bentuk dialog §
Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata |
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur: §
menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang §
menanyakan keadaan seseorang |
·
Tes lisan ·
Unjuk kerja |
·
Pertanyaan ·
Performance |
·
Answer the questions orally! ·
Act out the dialogue in front of
the class! |
2 x 45 menit |
·
Script percakapan ·
Buku teks ·
Alat peraga |
Bedagas, 1 Agustus 2018
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
No comments:
Post a Comment