Sunday, April 18, 2021

Silabus Pembelajaran Bahasa Inggris di Taman Bacaan

 

SILABUS PEMBELAJARAN

BAHASA INGGRIS

“RUMAH SAREH”

 

 

Oleh:

Sareh Siswo Setyo Wibowo

 

 

PURBALINGGA

2018


Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

 

Tatap Muka Ke-1

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

1.  Merespon dengan   mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang

 

 

Contoh:

 

Guru: chalk

 

Siswa: chalk

 

Guru: book

 

Siswa: book

 

 

§  Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

§  Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

 

 

§  Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang

§  Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar

 

 

Tes  lisan

 

 

Merespon dengan mengulang secara lisan

 

 

Listen to the words and repeat.

Guru: crayon

Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

 

 

2 x 45 menit

 

 

·   Gambar-

gambar/

benda terkait

·   Rekaman

 kaset/CD

·   Buku teks

 

Tatap Muka Ke-2

 

2. Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

 

 

 

 

 

Contoh:

 

Guru: Stand up.

 

Siswa: (berdiri)

 

Guru: Sit down.

 

Siswa: (duduk)

 

Guru: Make a line.

 

Siswa: (berbaris)

 

§  Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD

 

 

§  Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

 

 

 

 

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Responding

 

 

 

 

 

 

 

 

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Jump.

Siswa: (melompat)

 

 

2 x 45 menit

 

 

·   Rekaman kaset/CD

·    Buku teks

 

 

 

 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

 

Tatap Muka Ke-3

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

3. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang

 

Contoh:

 

A: What is this?

B: This  is Family Photos.

 

A: Who is he?

B: He is my brother.

 

A: What are you doing?

B: I am studying with my nephew

 

 

 

 

 

§  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

 

§  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

 

 

§  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

 

§  Latihan percakapan dalam bentuk dialog

 

 

§  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§  Menanyakan suatu benda

§  Menanyakan seseorang

 

 

·   Tes lisan

 

 

 

·   Unjuk kerja

 

·   Pertanyaan

 

 

 

·   Performance

 

·   Answer the questions orally!

 

·   Act out the dialogue in front of the class!

 

2 x 45 menit

 

·     Script percakapan

·     Buku teks

·     Alat peraga


 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Tatap Muka Ke-4

 

4. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda

 

 

Contoh:

 

A: What are you doing?

B: I am studying to make me smart

 

A: Is Your Daddy funny?

B: no, he is smart.

 

 

 

§  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

 

§  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

 

§  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

 

§  Latihan percakapan dalam bentuk dialog

 

§  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§  Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

§  Menyebutkan ukuran sebuah benda

 

Tes lisan

 

Pertanyaan

 

Answer the questions orally!

 

2 x 45 menit

 

·   Script percakapan

·   Buku teks berisi percakapan

·   Alat peraga


 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

 

Tatap Muka Ke-5

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

5. Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang

 

 

 

Contoh:

 

Guru: Boxing

 

Siswa: Boxing

 

Guru: Billiards

 

Siswa: Billiards

 

 

§  Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

 

§  Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

 

 

§  Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau di dengar dari kaset/CD dengan suara lantang

 

§  Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar

 

 

 

Tes  lisan

 

 

Merespon dengan mengulang secara lisan

 

 

Listen to the names of games and repeat.

Guru: jackstone

Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

 

 

2 x 45 menit

 

 

·   Gambar-

gambar terkait

·   Rekaman

 kaset/CD

·   Buku teks

 

Tatap Muka Ke-6

 

6.  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

 

Contoh:

 

Guru: Quiet

 

Siswa: (tenang)

 

Guru: Noisy

 

Siswa: (ramai/saling berebut)

 

 

 

§  Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD

 

§  Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

 

Unjuk kerja

 

Responding

 

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Jump.

 

2 x 45 menit

 

·   Rekaman

 kaset/CD

·   Buku teks

 

 

 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

 

Tatap Muka Ke-7

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

7.  Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima

 

 

Contoh:

 

Guru: Where is my Ambulance?

 

Siswa: Where is Ambulance? (bersama-sama)

 

Guru: I have a pedicab

 

Siswa: I have a pedicab. (bersama-sama)

 

Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

 

 

 

Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

Performance

 

 

Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.

Guru:

Where is my bag?

It is here.

 

 

2 x 45 menit

 

 

 

 

·     Script percakapan

·     Buku teks

·     Alat peraga

 

 

 

 

 

 

Tatap Muka Ke-8

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

8.  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

 

Contoh:

A: I have a green book.

B: I do not have a black pencil.

A: Where is my red lunch box?

B: It is here.

A: What are you doing?

B: I am playing pink marbles.

§  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

§  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

§  Latihan percakapan dalam bentuk dialog

§  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§  Menyebutkan kepemilikan

§  Menanyakan di mana suatu benda berada

§  Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

 

·   Tes lisan

 

 

 

·   Unjuk kerja

 

·   Pertanyaan

 

 

 

·   Performance

 

·    Answer the questions orally!

 

·   Act out the dialogue in front of the class!

 

2 x 45 menit

 

 

·     Script percakapan

·     Buku teks

·     Alat peraga

 

 

 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

 

Tatap Muka Ke-9

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

9. Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang

 

 

Contoh:

 

Guru: Apple

 

Siswa: Apple

 

Guru: It is Banana.

 

Siswa: It is Banana.

 

 

§  Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

§  Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

 

§  Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang

§  Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar

 

Tes  lisan

 

 

Merespon dengan mengulang secara lisan

 

 

Listen to the sentences and repeat.

Guru: I get up at 5 o’clock

Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

 

 

2 x 45 menit

 

 

·   Gambar-

gambar/

benda terkait

·   Rekaman

 kaset/CD

·   Buku teks

 

Tatap Muka Ke-10

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

10.  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

 

 

 

 

 

 

Contoh:

Guru: Say, “Thank you”.

Siswa: (mengucapkan “Thank you”)

Guru: Shake hands.

Siswa: (berjabat tangan)

Guru: Kiss bye.

Siswa: (cium jauh)

 

 

§  Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD

§  Siswa melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD

§  Siswa mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/ CD

 

 

§  Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

§  Merespon dengan melengkapi kalimat yang kosong

§  Merespon dengan mewarnai gambar

 

 

·   Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

·       Tes tulis

 

 

 

 

·       Responding

 

 

 

 

 

 

 

·       Melengkapi

 

 

 

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Say, “Happy birthday!”

 

Listen to the sentences and complete them.

It is ___ ___

 

2 x 45 menit

 

 

·   Gambar- gambar/ benda terkait

·   Rekaman kaset/CD

·    Buku teks

 


Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

Tatap Muka Ke-11

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

11. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda

 

Contoh:

 

A: What is it?

B: It is an elephant.

 

A: Where is my Bird?

B: It is on the Pet Shop.

 

A: How many cats are there?

B: There are five cats.

 

 

 

 

§  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

§  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

§  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

§  Latihan percakapan dalam bentuk dialog

§  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§  Menanyakan suatu benda

§  Menanyakan di mana suatu benda berada

§  Menanyakan jumlah benda

 

·   Tes lisan

 

 

 

·   Unjuk kerja

 

·   Pertanyaan

 

 

 

·   Performance

 

·   Answer the questions orally!

 

·   Act out the dialogue in front of the class!

 

2 x 45 menit

 

·     Script percakapan

·     Buku teks

·     Alat peraga

Tatap Muka Ke-12

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

12. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan usia dan tanggal lahir serta menyebutkan waktu

 

 

Contoh:

 

A: How old are you?

B: I’m seven.

 

A: When is your birthday?

B: My birthday is in June.

 

A: What time is it?

B: It is three o’clock.

 

§  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

§  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

§  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

§  Latihan percakapan dalam bentuk dialog

§  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§  Menyebutkan usia dan tanggal lahir

§  Menyebutkan waktu

 

Tes lisan

 

Tanya jawab

 

Ask and answer the questions based on the situation or picture given.

 

2 x 45 menit

 

·   Script percakapan

·   Buku teks berisi percakapan

·   Alat peraga

 

 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

Tatap Muka Ke-13

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

13.  Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang

 

 

 

Contoh:

 

Guru: eleven football players

 

Siswa: eleven football players

 

Guru: three houses

 

Siswa: three houses

 

 

§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

 

 

§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang

Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar

 

Tes  lisan

 

 

Merespon dengan mengulang secara lisan

 

 

Listen to the sentences and repeat.

Guru: John hides behind the tree.

Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

 

 

2 x 45 menit

 

 

·  Gambar-

gambar/

benda terkait

·  Rekaman

 kaset/CD

·  Buku teks

 


 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Tatap Muka Ke-14

 

14.  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

 

Contoh:

 

Guru: Let’s play the piano.

 

Siswa: (memperagakan gerakan bermain piano)

 

Guru: Let’s play guitar.

 

Siswa: (memperagakan gerakan bermain gitar)

 

 

Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru

 

Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

 

Unjuk kerja

 

Responding

 

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Let’s play the guitar.

 

2 x 45 menit

 

·  Gambar-

gambar/

benda terkait

·  Rekaman

 kaset/CD

·  Buku teks

 

 


Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

Tatap Muka Ke-15

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

15.  Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh:

 

Guru: What do you play?

 

Siswa: What do you play? (bersama-sama)

 

Guru: I am mussision, so i play the piano.

 

Siswa: I am mussision, so I play the piano. (bersama-sama)

 

 

 

 

 

Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat

 

 

 

 

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.

Guru:

What do you play?

I play football.

 

 

 

2 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·    Script percakapan

·    Buku teks

·    Alat peraga

 

 

 

 

 

 

Tatap Muka Ke-16

 

16. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai permainan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah benda

 

Contoh:

 

A: What do you play?

B: I play the fingers.

 

A: Where is my eyes?

B: It is on the desk.

 

A: How many moles are there?

B: There are five moles.

 

§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

 

§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

 

 

§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog

 

§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§ Menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai permainan

§ Menanyakan di mana suatu benda berada

§ Menanyakan jumlah benda

 

 

·  Tes lisan

 

 

 

·  Unjuk kerja

 

·  Pertanyaan

 

 

 

·  Performance

 

·   Answer the questions orally!

 

·  Act out the dialogue in front of the class!

 

2 x 45 menit

 

 

·    Script percakapan

·    Buku teks

·    Alat peraga

 

 

 

 

 

 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

Tatap Muka Ke-17

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

            17. Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang

 

 

Contoh:

 

Guru: alarm

 

Siswa: alarm

 

Guru: clock

 

Siswa: clock

 

 

§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

 

 

§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang

§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar

 

Tes  lisan

 

 

Merespon dengan mengulang secara lisan

 

 

Listen to the words and repeat.

Guru: desk

Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

 

 

2 x 45 menit

 

 

·  Gambar-

gambar/

benda terkait

·  Rekaman

 kaset/CD

·  Buku teks

 

Tatap Muka Ke-18


Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

18.  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh:

 

Guru: Stand in front of your friend.

 

Siswa: (berdiri di depan temannya masing-masing)

 

Guru: Introduce yourself.

 

Siswa: (memperkenalkan diri)

 

Guru: Draw an orange by left hand

 

Siswa: (menggambar sebuah jeruk dengan tangan kiri)

 

 

§ Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD

§ Siswa menjawab instruksi yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD

§ Siswa membuat gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/ CD

 

 

§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

§ Merespon dengan menjawab instruksi yang didengar

§ Merespon dengan membuat gambar

 

 

·  Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

 

·      Unjuk kerja

 

 

 

 

·      Tes tulis

 

 

 

 

 

·      Responding

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Responding

 

 

 

 

 

·      Membuat gambar

 

 

 

 

 

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Borrow a pencil from a friend in front of you.

 

Listen to the instructions and answer them.

 

Listen to the speaker and draw the pictures.

(terdapat gambar yang harus dibuat siswa)

 

2 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·  Rekaman kaset/CD

·  Buku      teks

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

Tatap Muka Ke-19

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

19.  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memperkenalkan diri, menanyakan kepemilikan, menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

 

Contoh:

 

A: What is your name?Where are you?

B: My name is (student’s name) I come frome England

 

A: What is season at your country?

B: It is autumn.

 

A: What is Mira doing when autumn?

B: She is walking at park .

 

 

 

 

 

§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog

§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§ Memperkenalkan diri

§ Menanyakan kepemilikan

§ Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

 

·  Tes lisan

 

 

 

·  Unjuk kerja

 

·  Pertanyaan

 

 

 

·  Performance

 

·  Answer the questions orally!

 

·  Act out the dialogue in front of the class!

 

2 x 45 menit

 

·    Script percakapan

·    Buku teks

·    Alat peraga

Tatap Muka Ke-20

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

20. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan nama-nama benda, menyebutkan di mana seseorang berada, dan menyebutkan kesukaan dan kepunyaan

 

 

Contoh:

 

A: Is he an atheist?

B: yes he is.

 

A: Where is John?

B: He is in front of the mosque.

 

A: Do you like propet Muhammad?

B: Yes, I do.

A: What holy book do you have?

B: Al Qur’an.

 

 

§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog

§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§ Menyebutkan nama-nama benda

§ Menyebutkan di mana seseorang berada

§ Menyebutkan kesukaan dan kepunyaan

 

Tes lisan

 

Tanya jawab

 

Ask and answer the questions based on the situation or picture given.

 

2 x 45 menit

 

·  Script percakapan

·  Buku teks berisi percakapan

·  Alat peraga

 

 

 

 

 

 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

Tatap Muka Ke-21

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

21.  Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang

 

 

 

Contoh:

 

Guru: i like tennis and badminton

 

Siswa: i like tennis and badminton

 

Guru: You finally understand what I say

 

Siswa: You finally understand what I say

 

 

§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

 

 

§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang

Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar

 

Tes  lisan

 

 

Merespon dengan mengulang secara lisan

 

 

Listen to the words and repeat.

Guru: Cycling.

Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

 

 

2 x 45 menit

 

 

·  Gambar-

gambar/

benda terkait

·  Rekaman

 kaset/CD

·  Buku teks

 

Tatap Muka Ke-22

 

22.  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

 

Contoh:

 

Guru: Show me you are happy in class room

 

Siswa: (menggambar ekspresi wajah gembira didalam kelas)

 

Guru: On a chair.

 

Siswa: (memperagakan diatas kursi)

 

 

 

Siswa melakukan atau memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD

 

Merespon dengan  melakukan atau memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

 

Unjuk kerja

 

Responding

 

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Pretend you are angry.

 

2 x 45 menit

 

·  Gambar-

gambar/

benda terkait

·  Rekaman

 kaset/CD

·  Buku teks

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Silabus pembelajaran

RUMAH SAREH

BAHASA INGGRIS

Tatap Muka Ke-23

 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

23. Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima

 

 

 

Contoh:

 

Guru: What! I can’t pass the exam?

 

Siswa: What! I can’t pass the exam? (bersama-sama)

 

Guru: Aha! I’ve got a brilliant idea.

 

Siswa: Aha! I’ve got a brilliant idea. (bersama-sama)

 

Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan

 

 

 

 

 

 

 

Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

 

Performance

 

 

 

 

Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.

Guru:

Which one is bigger?

The yellow one.

 

2 x 45 menit

 

 

·    Script percakapan

·    Buku teks

·    Alat peraga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Tatap Muka Ke-24

 

24. Bercakap-cakap untuk meminta / memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang dan menanyakan keadaan seseorang

 

Contoh:

 

A: What are you doing?

B: I am playing tennis.

 

A: How do you feel?

B: I am sad.

 

 

 

§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi

§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi

§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog

§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

 

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

§ menanyakan permainan yang sedang dilakukan seseorang

§ menanyakan keadaan seseorang

 

 

·  Tes lisan

 

 

 

·  Unjuk kerja

 

·  Pertanyaan

 

 

 

·  Performance

 

·   Answer the questions orally!

 

·  Act out the dialogue in front of the class!

 

2 x 45 menit

 

 

·    Script percakapan

·    Buku teks

·    Alat peraga

 

 

 

 

Bedagas, 1 Agustus 2018

Pembimbing Rumah Sareh

 

 

 

Sareh Siswo Setyo Wibowo

No comments:

Post a Comment