RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS
Oleh:
SAREH
SISWO SETYO WIBOWO
PURBALINGGA
2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-1
Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon
dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang
- Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
Metode Pembelajaran : - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
-
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
-
Siswa latihan dengan permainan Call Me Aplause
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada
siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam kelas.
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau
didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya tentang hal-hal
yang belum diketahui dan Call Me Aplause
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa
secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan
ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk
mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Gambar-gambar
atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
1. Guru
mengucapkan 5 benda dengan Bahasa Inggris lalu siswa menunjuk/memegang barang 2. Guru
mengucapkan 5 benda dengan Bahasa Indonesia lalu siswa mengucapkan Bahasa
Inggrisnya |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Tes Lisan
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Pengetahuan Praktek |
* Bisa mengucapkan 5 benda yang ditanyakan Guru maka mendapat sekor
maksimal Jika salah nilai 0 * Bisa menunjukkan 5 benda yang ditanyakan Guru maka mendapat skor
masksimal Jika salah nilai 0 |
5 5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Pengetahuan |
Praktek |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-2
Standar Kompetensi : 2. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 2.1 Merespon dengan melakukan tindakan
sesuai instruksi secara berterima
Alokasi Waktu : 2
x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar
Metode Pembelajaran : Siswa memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan
oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD bersama-sama
Siswa melakukan latihan dengan permainan Clap
Fingers
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan topik bab kata kerja 1.
· Guru bertanya pada
siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama
(sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang
diberikan) secara
tekun.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membagi siswa dalam kelompok dan secara
bergantian masing-masing kelompok memperagakan instruksi yang diberikan oleh
guru atau didengar dari kaset/CD, secara tanggung jawab dan berani
serta dapat dipercaya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa dan bermain Clap Fingers
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan secara
hormat dan perhatian.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara
acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very
good pada siswa agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar |
Unjuk kerja |
Responding |
1. Listen to
the instructions and follow them. Guru: Memerintahkan
10 gerakan dengan Bahasa Inggris Siswa: Menjawabnya
dengan gerakan beserta dengan mengucapkan Bahasa Indonesia |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Unjuk Kerja
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor Max |
1. |
Praktek |
Setiap perintah bernilai
1 Jika salah nilai 0 |
10 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. |
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-3
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 3.1 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan suatu benda
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan seseorang
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi keluarga
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
6. Siswa melakukan latihan sambil bermain Policeman
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan bab keluarga.
· Guru bertanya pada
siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan
siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih,
guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh
siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa dan bermain Policeman
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very
good pada siswa yang berani
maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Script percakapan yang terdapat
dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan suatu benda § Menanyakan seseorang |
· Tes
lisan · Unjuk
kerja |
· Pertanyaan · Performance |
· Answer the questions orally! Guru memberikan 5
pertanyaan 5W 1H, siswa menjawab dengan lisan · Act out the dialogue in front of the class! Guru memerintahkan untuk
membuat percakapan sederhana dan dipraktekan di kelas |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor Max |
1. |
Konsep |
Setiap soal benar
bernilai 1 Setiap Soal salah
bernilai 0 |
5 |
2. |
Praktik |
Setiap pasangan
jika lancar dan benar maka nilai 5 Setiap pasangan
jika kurang lancar tapi benar maka nilai 3 Setiap pasangan jika
kurang lancar dan banyak salah ilai 1 |
5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap
Muka : Ke-4
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 4.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyebutkan ukuran sebuah benda
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
6. Siswa melakukan belajar sambil bermain I
Order To
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan bab kata sifat 1.
· Guru bertanya pada
siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan
siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih,
guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh
siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang dan
bermain I Order To
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar
dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Script percakapan
yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang § Menyebutkan ukuran sebuah benda |
Tes lisan |
Pertanyaan |
Answer the questions
orally! (siswa menjawab 10 pertanyaan yang diberikan oleh
guru mengenai materi kata sifat) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor Max |
1. |
Konsep |
Setiap soal benar bernilai 10 Setiap soal benar bernilai 0 |
10 |
& LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas,
..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-5
Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon
dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang
- Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Metode Pembelajaran : - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
-
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
-
Siswa latihan dengan permainan Long, Short, Big, Small
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan topik bab olah raga.
· Guru bertanya pada siswa
apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau
didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab dengan
permainan Long, Short, Big, Small
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa
secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan
ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk
mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Gambar-gambar
atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
1. Guru
mengucapkan 5 jenis olah raga dalam bahasa Inggris lalu siswa mengucapkan
bahasa Indonesianya dan gerakannya 2. Guru
mengucapkan 5 olah raga dengan Bahasa Indonesia lalu siswa mengucapkan Bahasa
Inggris |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Tes Lisan
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Pengetahuan Praktek |
* Bisa mengucapkan 5 jenis olah raga yang ditanyakan Guru maka mendapat
sekor maksimal Jika salah nilai 0 * Bisa mengucapkan dan memnunjukan gerak 5 jenis olah raga yang ditanyakan
Guru maka mendapat skor masksimal Jika salah nilai 0 |
5 5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Pengetahuan |
Praktek |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-6
Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon
dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang
- Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
Metode Pembelajaran : - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
-
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
-
Siswa latihan dengan permainan Making Word
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan topik bab kata sifat 2.
· Guru bertanya pada
siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau
didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru melatih siswa dengan
permainan Making Word
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa
secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan
ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk
mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Gambar-gambar
atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
1. Guru
mengucapkan 5 kata sifat dalam bahasa Inggris lalu siswa mengucapkan bahasa
Indonesianya dan gerakannya 2. Guru
mengucapkan kata sifat Bahasa Indonesia lalu siswa mengucapkan Bahasa Inggris
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Tes Lisan
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Pengetahuan Praktek |
* Bisa mengucapkan 5 jenis olah raga yang ditanyakan Guru maka mendapat
sekor maksimal Jika salah nilai 0 * Bisa mengucapkan dan memnunjukan gerak 5 jenis olah raga yang ditanyakan
Guru maka mendapat skor masksimal Jika salah nilai 0 |
5 5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Pengetahuan |
Praktek |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-7
Standar Kompetensi : 7. Mengungkapkan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 7.1 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan suatu benda
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan seseorang
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi keluarga
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
6. Siswa melakukan latihan sambil bermain Broken
Ship
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan bab transportasi.
· Guru bertanya pada
siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan
siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih,
guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh
siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa dan bermain Broken Ship
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very
good pada siswa yang berani
maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Script percakapan yang terdapat
dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan suatu benda § Menanyakan seseorang |
· Tes
lisan · Unjuk
kerja |
· Pertanyaan · Performance |
· Answer the questions orally! Guru memberikan 5
pertanyaan 5W 1H tentang transportasi, siswa menjawab dengan lisan · Act out the dialogue in front of the class! Guru memerintahkan untuk
membuat percakapan sederhana dan dipraktekan di kelas |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor Max |
1. |
Konsep |
Setiap soal benar
bernilai 1 Setiap Soal salah
bernilai 0 |
5 |
2. |
Praktik |
Setiap pasangan
jika lancar dan benar maka nilai 5 Setiap pasangan
jika kurang lancar tapi benar maka nilai 3 Setiap pasangan
jika kurang lancar dan banyak salah ilai 1 |
5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap
Muka : Ke-8
Standar Kompetensi : 8. Mengungkapkan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 8.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan
ukuran sebuah benda
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyebutkan ukuran sebuah benda
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
6. Siswa melakukan belajar sambil bermain Big
Wind
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan bab warna.
· Guru bertanya pada
siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan
siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih,
guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh
siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang dan
bermain Big Wind
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar
dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Script percakapan
yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang § Menyebutkan ukuran sebuah benda |
Tes lisan |
Pertanyaan |
Answer the questions
orally! (siswa menjawab 10 pertanyaan yang diberikan oleh
guru mengenai materi warna) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor Max |
1. |
Konsep |
Setiap soal benar bernilai 10 Setiap soal benar bernilai 0 |
10 |
& LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas,
..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-9
Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon
dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang
- Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
Metode Pembelajaran : - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
-
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
-
Siswa latihan dengan bermain Detecive Word
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan topik bab buah-buahan.
· Guru bertanya pada
siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau
didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab dan
bermain Detective Word
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa
secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan
ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk
mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Gambar-gambar
atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
1. Guru
mengucapkan 5 buah dalam bahasa Inggris lalu siswa mengucapkan bahasa
Indonesianya 2. Guru
mengucapkan 5 nama buah Bahasa Indonesia lalu siswa mengucapkan Bahasa
Inggris |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Tes Lisan
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Pengetahuan Praktek |
* Bisa mengucapkan 5 jenis olah raga yang ditanyakan Guru maka mendapat
sekor maksimal Jika salah nilai 0 * Bisa mengucapkan dan memnunjukan gerak 5 jenis olah raga yang ditanyakan
Guru maka mendapat skor masksimal Jika salah nilai 0 |
5 5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Pengetahuan |
Praktek |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-10
Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon
dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang
- Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
Metode Pembelajaran : - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
-
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
-
Siswa latihan dengan bermain Throw Lakban
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada
siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau
didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa
secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan
ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk
mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Gambar-gambar
atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar |
Tes lisan |
Merespon dengan mengulang secara lisan |
1. Guru
mengucapkan 5 warna dalam bahasa Inggris lalu siswa mengucapkan bahasa
Indonesianya 2. Guru
mengucapkan 5 warna Bahasa Indonesia lalu siswa mengucapkan Bahasa Inggris |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Tes Lisan
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Pengetahuan Praktek |
* Bisa mengucapkan 5 jenis olah raga yang ditanyakan Guru maka mendapat
sekor maksimal Jika salah nilai 0 * Bisa mengucapkan dan memnunjukan gerak 5 jenis olah raga yang ditanyakan
Guru maka mendapat skor masksimal Jika salah nilai 0 |
5 5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Pengetahuan |
Praktek |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap Muka : Ke-11
Standar Kompetensi : 11. Mengungkapkan informasi sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 11.1 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan suatu benda
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan seseorang
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi keluarga
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
6. Siswa melakukan latihan dengan Miraculous
Card
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan bab hewan.
· Guru bertanya pada
siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan
siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih,
guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh
siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa dan bermain Miraculous Card
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very
good pada siswa yang berani
maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Script percakapan yang terdapat dalam
buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Instrumen/
Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan suatu benda § Menanyakan seseorang |
· Tes
lisan · Unjuk
kerja |
· Pertanyaan · Performance |
· Answer the questions orally! Guru memberikan 5
pertanyaan 5W 1H tentang transportasi, siswa menjawab dengan lisan · Act out the dialogue in front of the class! Guru memerintahkan untuk
membuat percakapan sederhana dan dipraktekan di kelas |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor Max |
1. |
Konsep |
Setiap soal benar
bernilai 1 Setiap Soal salah
bernilai 0 |
5 |
2. |
Praktik |
Setiap pasangan
jika lancar dan benar maka nilai 5 Setiap pasangan
jika kurang lancar tapi benar maka nilai 3 Setiap pasangan
jika kurang lancar dan banyak salah ilai 1 |
5 |
&
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RUMAH SAREH
BAHASA INGGRIS
Tatap
Muka : Ke-12
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan informasi sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 12.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan
ukuran sebuah benda
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyebutkan ukuran sebuah benda
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
6. Siswa melakukan belajar dengan Why,
Because
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan
gambar besar yang mengilustrasikan bab hari dan bulan.
· Guru bertanya pada
siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan
siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F
Selama siswa berlatih,
guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh
siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang dan
bermain Why Because
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar
dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Script percakapan
yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang § Menyebutkan ukuran sebuah benda |
Tes lisan |
Pertanyaan |
Answer the questions orally! (siswa menjawab 10 pertanyaan yang diberikan oleh
guru mengenai materi warna) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor Max |
1. |
Konsep |
Setiap soal benar bernilai 10 Setiap soal benar bernilai 0 |
10 |
& LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bedagas, ..........................
Pembimbing Rumah Sareh
Sareh Siswo Setyo Wibowo
No comments:
Post a Comment