Friday, April 16, 2021

RPP SATU LEMBAR PAI SD BERKARAKTER

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan            :     SD NEGERI 1 LARANGAN

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester               :     VI (Enam) / 1

Pembelajaran (1)              :     Indahnya Saling Menghormati

Alokasi Waktu                  :     1 x 4 JP

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu:

1)      Memahami makna Q.S Al-Kafirun dengan benar.

2)      Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman makna Q.S Al-Kafirun.

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1)   Peserta didik harus dalam kondisi siap menerima pelajaran. Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius

2)    Memeriksa kehadiran, kesiapan belajar, kegiatan shalat, sedekah, hafalan surat pendek, tulisan arab dan mengingatkan tentang bahaya covid serta cara pencegahannya.

3)    Menyampaikan tujuan pembelajaran dan apersepsi tepuk jari 1-5.  Communication

10 menit

Inti

Ayo, Membaca Surat Q.S Al-Kafirun

1)    Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal peserta didik, guru meminta beberapa peserta didik mendemonstrasikan bacaan Q.S Al-Kafirun. Mandiri

2)    Guru memberikan penguatan dengan menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca Q.S Al-Kafirun yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh bacaan yang baik dan benar. Communication

3)    Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya dengan benar. Integritas

4)    Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S Al-Kafirun yang benar.

5)    Peserta didik menirukan bacaan Q.S Al-Kafirun bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya. Mandiri

Sikap Kebiasaanku

Pada bagian “Insya Allah Aku Selalu Membaca al-Qur’an Surat Q.S Al-Kafirun”, guru memotivasi peserta didik untuk melancarkan bacaan di antaranya dengan mendengarkan bacaan Q.S Al-Kafirun yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang.

115 menit

Penutup

4)   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

5)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

6)   Melakukan penilaian hasil belajar

7)   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

15 menit

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo S. W., S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 

                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan            :     SD NEGERI 1 LARANGAN

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester               :     VI (Enam) / 1

Pembelajaran                   :     Mari Belajar Surah Q.S Al-Kafirun

Alokasi Waktu                  :     1 x 4 JP

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu:

1)      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S Al-Kafirun.

2)           Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman makna Q.S Al-Kafirun.

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

a.  Persiapan

Sebelum dimulai

1)    Siswa bersama orang tua masuk ke akun Instagram masing-masing

2)    Follow akun @sarehssw dan bukalah siaran langsung yang tealh terjadwal

3)    Komentlah kata “siap” untuk menandakan siswa sudah siap menerima pembelajaran

Pembelajaran dimulai dengan:

1)    Siswa menjawab salam dan berdoa bersama; Religius

2)    Siswa di absensi dengan berkomentar “hadir”, diingatkan kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

3)    Siswa disapa guru dan ditanyai tentang aktifitas shalat fardu dan TPQ

4)    Siswa diingatkan agar selalu bersedekah, menulis ayat surat pendek dan menghafalkannya

5)    Siswa diingatkan tentang bahaya Covid 19 dan cara penanggulangannya

6)    Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication

b.  Pelaksanaan

Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik melakukan apersepsi menulis komen “Al Kafirun” urut kebawah tanpa terputus. Siswa yang berhasil dipermainan ini dipersilahkan untuk menunjuk siswa lain membaca surat Al Kafirun dan diupload di status IGnya. Communication

 

10 menit

 

Inti

Ayo, Menulis Surat Q.S Al-Kafirun

1)       Guru menulis secera live instagram beberapa penggalan ayat Q.S Al-Kafirun. pada kertas atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan penggalan ayat tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya. Critical Thinking and Problem Solving

2)       Pada saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk mencermati cara penulisannya.

3)       Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah dicontohkan lalu dikirm DM.

4)       Guru meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa penggalan ayat tersebut secara berulang pada buku tulis. Bila sudah banyak yang mampu menulis secara individual, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S Al-Kafirun. pada buku tulis/kertas HVS/kertas gambar masing-masing lalu ditambahi hiasan dan diwarnai. Mandiri

 

115 menit

Penutup

1)           Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

2)           Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

3)           Melakukan penilaian hasil belajar

4)           Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

 

15 menit

 

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Keterampilan : Membuat tulisan Q.S. Al Kafirun yang bagus

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo Setyo Wibowo, S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan            :     SD NEGERI 1 LARANGAN

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester               :     VI (Enam) / 1

Pembelajaran                   :     Mari Belajar Surah Q.S Al-Kafirun

Alokasi Waktu                  :     1 x 4 JP

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu:

1)   Menunjukkan hafalan surah Q.S Al-Kafirun.

2)    Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman makna Q.S Al-Kafirun.

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

a.  Persiapan

Sebelum dimulai

1)    Siswa mengupgrade Whatsapp ke versi terbaru yang ada forumnya

2)    Whatsapp bisa melakukan panggilan video dan mic HP bisa dipakai

3)    Ikuti tautan untuk masuk ke forum PAI-BP kelas 6

4)    Tunjukkan wajah dan bilang “im ready”

Pembelajaran dimulai dengan:

1)    Siswa menjawab salam dan berdoa bersama; Religius

2)    Siswa di absensi, diperiksa kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

3)    Siswa disapa guru dan ditanyai tentang aktifitas shalat fardu dan TPQ

4)    Siswa diingatkan agar selalu bersedekah, menulis ayat surat pendek dan menghafalkannya

5)    Siswa diingatkan tentang bahaya Covid 19 dan cara penanggulangannya

6)    Siswa memperhatikan guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication

b.  Pelaksanaan

Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik melakukan apersepsi call me aplause. Siswa yang gagal dipermainan ini akan membaca surat Al Kafirun. Communication

10 menit

Inti

Ayo, Menghafal Surat Q.S Al-Kafirun

1)       Guru melafalkan Q.S Al-Kafirun dengan suara jelas ayat satu sampai empat, diikuti seluruh peserta didik dengan tartil, diulang-ulang sampai 3x, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya. Creativity and Innovation

2)       Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat lima dan enam

3)       Pola terakhir yaitu ayat satu sampai dengan enam (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak tiga kali).

4)       Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah (1 s.d. 3). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya dan yang lain menyimak.

5)       Bila ada yang sulit dalam menghafal maka peserta didik boleh mencari pasangan (memilih dengan yang hafal) kemudian menghafal surat Q.S Al-Kafirun secara bersama ke guru. Collaboration

115 menit

Penutup

1)   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

2)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

3)   Melakukan penilaian hasil belajar

4)   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

15 menit

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Keterampilan : Menghafal Q.S. Al Kafirun beserta artinya

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo Setyo Wibowo, S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan            :     SD NEGERI 1 LARANGAN

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester               :     VI (Enam) / 1

Pembelajaran (1)              :     Mari Belajar Surah Q.S Al-Kafirun

Alokasi Waktu                  :     1 x 4 JP

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu:

1)      Mengetahui makna Q.S Al-Kafirun  dengan benar.

2)      Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman makna Q.S Al-Kafirun.

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

a.  Persiapan

Sebelum dimulai

5)   Siswa berkelompok ke teman yang memiliki hape dan sinyal yang bagus

6)   Whatsapp bisa melakukan panggilan video dan mic HP bisa dipakai

7)   Lakukan panggilan dengan guru dan digabungkan bersama 3 kelompok lain

Pembelajaran dimulai dengan:

7)   Siswa menjawab salam dan berdoa bersama; Religius

8)   Siswa di absensi, diperiksa kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

9)   Siswa disapa guru dan ditanyai tentang aktifitas shalat fardu dan TPQ

10)     Siswa diingatkan agar selalu bersedekah, menulis ayat surat pendek dan menghafalkannya

11)     Siswa diingatkan tentang bahaya Covid 19 dan cara penanggulangannya

12)     Siswa memperhatikan guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication

b.  Pelaksanaan

Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik melakukan apersepsi tepuk jari 1-5. Siswa yang gagal dipermainan ini akan membaca surat Al Kafirun. Communication

10 menit

 

Inti

Makna Kandungan Surat Q.S Al-Kafirun

1)      Guru membagi peserta didik ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membaca Q.S Al-Kafirun, mencermati artinya dan memahami materinya

2)      Peserta didik secara kelompok mendiskusikan mengapa surat ini diakhiri dengan kata “untukmu agamamu dan untukku agamaku”!

3)      Selanjutnya, secara berkelompok peserta didik mendiskusikan sikap terpuji yang dapat diambil dari Q.S Al-Kafirun. Communication

4)      Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak serta memberikan tanggapan. Critical Thinking and Problem Solving

5)      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. Communication

115 menit

Penutup

1)   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

2)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

3)   Melakukan penilaian hasil belajar

4)   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

15 menit

 

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo Setyo Wibowo, S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

NamaSekolah              :  SD NEGERI 1 LARANGAN

Mata Pelajaran          :  Pendidikan Agama Islam&BudiPekerti

Kelas / Semester         :  VI (Enam) / 1

Pembelajaran 7          :  Ketika Bumi Berhenti Berputar

AlokasiWaktu             :  2 x 4 JP

                                                 

Tujuan Pembelajaran           

Peserta didik dapat:          

§  Meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi pemahaman Rukun Iman.

§  Menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir.

§  Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.

§  Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

1.

§ Mengucapkan salam dan memanjatkan do’a bersama;

§ Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; dan

§ Menyapa peserta didik dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

20 menit

2.

Kegiatan Inti

Mengamati

§ Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi tentang fenomena kehidupan.

Menanya

§ Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang keterkaitan gambar/ilustrasi tersebut dengan materi pelajaran, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.

§ Secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.

Mengeksplorasi

§ Peserta didik secara berkelompok menyimak cerita singkat yang terdapat dalam buku dan mencermati ulasan tentang makna Hari akhir berikut contoh dan hikmah beriman kepada hari akhir.

§ Dalam kelompok masing-masing, peserta didik mendiskusikan keterkaitan antara cerita yang terdapat dalam buku teks dengan pemahaman makna hari akhir.

§ Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain mengemukakan pertanyaan. Guru memberikanpenguatan terhadap hasil diskusi peserta didik, kemudianmenjelaskan kembali pemahaman makna hari akhir contoh dan hikmah beriman kepada hari akhir serta mengaitkannya dengan fenomena kehidupan nyata.

Mengasosiasi

§ Peserta didik diberi penjelasan oleh guru sebagai tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar/ilustrasi. Peserta didik memyimak penjelasan guru.

Mengkomunikasikan

§ Dari hasil menyimak kisah tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secarab erkelompok.

§ Guru memotivasi peserta didik agarselalu menyakini akan adanya hari akhir dan memperlihatkan sikap terpuji dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman makna hari akhir.

  100 menit

3.

Penutup

§ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

§ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

§ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

20 menit

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo S. W., S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SD NEGERI 1 LARANGAN

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester               :     VI (Enam) / 1

Pelajaran (2)                     :     Indahnya Nama-nama Allah Swt.

Alokasi Waktu                  :     2  x 4 JP

Tgl Pelaksanaan                :     …………………….

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu:

v Meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Maha Kekal

v Menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qadha dan qadar

v Memahami makna al-Asmau al- Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi

v Membaca al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi dengan jelas dan benar

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Pembelajaran dimulai dengan:

1)   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius

2)   Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

3)   Guru menyapa peserta didik; dan

4)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication

10 menit

Inti

Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna

1)   Semua peserta didik mencermati bacaan teks, kemudian salah satu peserta didik membacanya

2)   Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya

3)   Selanjutnya, peserta didik kembali pada kelompok masing-masing dan mencermati serta mendiskusikan cara mengenal Allah Swt melalui asmaul husna As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi

4)   Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain memberikan tanggapan atau pertanyaan-pertanyaan yang relevan. Communication

5)   Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali tentang cara mengenal Allah Swt melalui asmaul husna As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi berdasarkan buku teks dan sumber lainnya yang relevan. Critical Thinking and Problem Solving

6)   Penilaian atas kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dapat dilakukan sebagaimana halnya pada bagian A.

115 menit

Penutup

5)     Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

6)     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

7)     Melakukan penilaian hasil belajar

8)     Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

15 menit

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo S. W., S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

NamaSekolah              :  SD NEGERI 1 LARANGAN

Mata Pelajaran          :  Pendidikan Agama Islam &B udi Pekerti

Kelas/Semester           : VI / 1

Pembelajaran 4          :  Ayo, Membayar Zakat

AlokasiWaktu             :  2 x 4 JP

                                                 

Tujuan Pembelajaran           

Peserta didik dapat:          

§  Menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam

§  Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam

§  Memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam

§  Menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

1.

Pendahuluan

§  Mengucapkan salam dan berdo’a bersama;

§  Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

§  Menyapa peserta didik; dan

§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.

20 menit

2.

Kegiatan Inti

§  Guru mengajak peserta didik untuk belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media pembelajaran lainnya yang relevan.

§  Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hasil pencermatannya, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.

§  Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.

§  Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.

§  Peserta didik secara berkelompok kembali mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macam dan hikmah zakat. Berdasarkan hasil kajian tersebut, setiap kelompok merumuskan beberapa pertanyaan untuk dikemukakan pada kelompok lain.

§  Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya, sementara kelompok lain ikut serta mencermati dan mengemukakan beberapa pertanyaan yang relevan yang telah dipersiapkan bersama kelompok.

§  Guru memberikan penguatan dengan mengemukakan kembali tentang pengertian, macam-macam dan hikmah zakat berdasarkan buku teks atau sumber lain yang relevan.

§  Guru memotivasi peserta didik untuk selalu dapat memahami dan melaksanakan perilaku berbaik sangka kepada Allah Swt.

  100 menit

3.

Penutup

§  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

§  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.

§  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

20 menit

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo S. W., S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

                   Satuan Pendidikan        :   SD NEGERI 1 LARANGAN

                   Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

                   Kelas / Semester           :   VI (Enam) / 1

                   Pembelajaran (5)          :   Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya

                   Alokasi Waktu              :   1 x 4 JP

                                                 

Tujuan Pembelajaran           

Melalui tanya jawab dan bercerita, peserta didik dapat:   

§  Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

§  Menunjukkan sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.

§  Memahami kisah Nabi Muhammad saw.

§  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

a. Persiapan

Pembelajaran dimulai dengan:

1)   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius

2)   Guru memeriksa kehadiran, kerapian  berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

3)   Guru menyapa peserta didik; dan

4)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication

b. Pelaksanaan

1)  Guru mengajak peserta didik untuk belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media pembelajaran lainnya yang relevan. Communication

2)   Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mencermati pembelajaran tentang “Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya Collaboration

10 menit

Inti

Kisah Keteladanan Nabi Muhammad Saw

1)   Peserta didik secara berkelompok mencermati alur cerita dan ulasan gambar/ilustrasi sebagaimana terdapat dalam buku teks.

2)  Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hasil pencermatannya apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.

3)   Peserta didik secara berkelompok kembali mendiskusikan tentang sikap-sikap terpuji atau keteladanan Nabi Muhammad Saw. Collaboration

4)   Masing-masing kelompok mengidentifikasi dan membuat pertanyaan tentang keteladanan Nabi Muhammad Saw? Critical Thinking and Problem Solving

5)   Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain mencermati dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan atau pertanyaan lain yang relevan.

6)   Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik dengan menjelaskan kembali apa yang ada dalam buku teks dan diperkaya dengan sumber lain yang relevan. Communication

115 menit

Penutup

9)   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

10)Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

11)Melakukan penilaian hasil belajar

12)Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

15 menit

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

 

Sareh Siswo S. W., S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

                   Satuan Pendidikan        :   SD NEGERI 1 LARANGAN

                   Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

                   Kelas / Semester           :   VI (Enam) / 1

                   Pembelajaran (5)          :   Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya

                   Alokasi Waktu              :   1 x 4 JP

                                                 

Tujuan Pembelajaran           

Melalui tanya jawab dan bercerita, peserta didik dapat:   

§  Meyakini kebenaran kisah sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

§  Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.

§  Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw..

§  Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

a. Persiapan

Pembelajaran dimulai dengan:

1)   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius

2)   Guru memeriksa kehadiran, kerapian  berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;

3)   Guru menyapa peserta didik; dan

4)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication

b. Pelaksanaan

1)   Guru mengajak peserta didik untuk belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media pembelajaran lainnya yang relevan. Communication

2)   Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mencermati pembelajaran tentang “Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya Collaboration

10 menit

Inti

Kisah Keteladan Sahabat-Sahabat Nabi Muhammad Saw.

1)    Peserta didik secara berkelompok mencermati alur cerita dan ulasan gambar/ilustrasi sebagaimana terdapat dalam buku teks.

2)    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hasil pencermatannya apabila mengalami kesulitan guru membimbing dan memandu (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.

3)    Peserta didik secara berkelompok kembali mendiskusikan tentang sikap-sikap terpuji kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw. Collaboration

4)    Masing-masing kelompok mengidentifikasi dan membuat pertanyaan tentang kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw.? Critical Thinking and Problem Solving

5)    Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain mencermati dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan atau pertanyaan lain yang relevan.

6)    Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik dengan menjelaskan kembali apa yang ada dalam buku teks dan diperkaya dengan sumber lain yang relevan. Communication

115 menit

Penutup

13)                         Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

14)Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

15)Melakukan penilaian hasil belajar

16)Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius

15 menit

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

Pujo Asmoro, S.Pd.SD.

NIP. 19610823 198304 1 004

 

Larangan,

 

Guru Mupel PAI-BP

 

 

 

Sareh Siswo S. W., S.Pd.I.

NIP. 199304282019031004

 

No comments:

Post a Comment