RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pembelajaran (1) : Indahnya Saling
Menghormati
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1) Memahami makna Q.S Al-Kafirun dengan benar.
2) Menunjukkan perilaku toleran, simpati,
waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman makna
Q.S Al-Kafirun.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1) Peserta didik harus dalam kondisi siap
menerima pelajaran. Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama.
Guru disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar
anak-anak?”. Religius 2) Memeriksa kehadiran, kesiapan
belajar, kegiatan shalat, sedekah, hafalan surat pendek, tulisan arab dan
mengingatkan tentang bahaya covid serta cara pencegahannya. 3) Menyampaikan tujuan pembelajaran dan apersepsi
tepuk jari 1-5. Communication |
10 menit |
Inti |
Ayo, Membaca Surat Q.S Al-Kafirun 1) Untuk mengetahui sejauh mana
pengetahuan awal peserta didik, guru meminta beberapa peserta didik mendemonstrasikan bacaan Q.S
Al-Kafirun. Mandiri 2) Guru memberikan penguatan dengan
menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca Q.S
Al-Kafirun yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh bacaan yang baik dan benar. Communication 3) Guru melafalkan secara berulang
huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut
secara bersama. Selanjutnya ditunjuk beberapa
peserta didik untuk melafalkannya dengan benar. Integritas 4) Guru kembali memberikan contoh
bacaan Q.S Al-Kafirun yang benar. 5)
Peserta didik menirukan bacaan Q.S Al-Kafirun bersama-sama,
selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik
untuk membacanya. Mandiri Sikap Kebiasaanku Pada bagian “Insya Allah Aku
Selalu Membaca al-Qur’an Surat Q.S Al-Kafirun”, guru memotivasi peserta didik
untuk melancarkan bacaan di antaranya dengan mendengarkan bacaan Q.S
Al-Kafirun yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian
meminta agar menirukannya secara berulang. |
115 menit |
Penutup |
4)
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas 5)
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 6)
Melakukan penilaian hasil belajar 7)
Membaca do’a sesudah belajar dengan
benar (disiplin) Religius |
15 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
S. W., S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pembelajaran : Mari
Belajar Surah Q.S Al-Kafirun
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1) Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S
Al-Kafirun.
2)
Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup
rukun sebagai implementasi pemahaman makna Q.S Al-Kafirun.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
a. Persiapan Sebelum dimulai 1)
Siswa bersama
orang tua masuk ke akun Instagram masing-masing 2)
Follow akun
@sarehssw dan bukalah siaran langsung yang tealh terjadwal 3)
Komentlah kata
“siap” untuk menandakan siswa sudah siap menerima pembelajaran Pembelajaran dimulai dengan: 1) Siswa menjawab
salam dan berdoa bersama; Religius 2) Siswa di absensi dengan berkomentar “hadir”, diingatkan kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; 3) Siswa disapa guru dan ditanyai tentang aktifitas shalat
fardu dan TPQ 4) Siswa diingatkan agar selalu bersedekah, menulis ayat surat
pendek dan menghafalkannya 5) Siswa diingatkan tentang bahaya Covid 19 dan cara
penanggulangannya 6) Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication b. Pelaksanaan Sebelum masuk pada inti pembelajaran,
guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik melakukan
apersepsi menulis komen “Al Kafirun” urut kebawah tanpa terputus. Siswa yang berhasil
dipermainan ini dipersilahkan untuk menunjuk siswa lain membaca surat Al
Kafirun dan diupload di status IGnya. Communication |
10 menit |
Inti |
Ayo, Menulis Surat Q.S Al-Kafirun 1) Guru menulis secera live
instagram beberapa penggalan ayat Q.S Al-Kafirun. pada kertas atau melalui media lainnya. Kemudian
memberikan garis pada tulisan penggalan ayat tersebut untuk mengetahui posisi
rangkaian masing-masing hurufnya. Critical Thinking and Problem Solving 2) Pada saat yang bersamaan, peserta
didik diminta untuk mencermati cara penulisannya. 3) Guru menunjuk beberapa peserta
didik untuk mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang
sudah dicontohkan lalu dikirm DM. 4) Guru meminta agar semua peserta
didik menyalin beberapa penggalan ayat tersebut secara berulang pada buku
tulis. Bila sudah banyak yang mampu menulis secara individual, peserta didik
diminta untuk menyalin
Q.S Al-Kafirun. pada buku tulis/kertas
HVS/kertas gambar masing-masing lalu ditambahi hiasan dan diwarnai. Mandiri |
115 menit |
Penutup |
1)
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas 2)
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 3)
Melakukan penilaian hasil belajar 4)
Membaca do’a sesudah belajar
dengan benar (disiplin) Religius |
15 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Keterampilan : Membuat tulisan Q.S. Al Kafirun yang bagus
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
Setyo Wibowo, S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pembelajaran : Mari
Belajar Surah Q.S Al-Kafirun
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1) Menunjukkan hafalan surah Q.S
Al-Kafirun.
2) Menunjukkan perilaku toleran, simpati,
waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman makna Q.S Al-Kafirun.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
a. Persiapan Sebelum dimulai 1)
Siswa mengupgrade
Whatsapp ke versi terbaru yang ada forumnya 2)
Whatsapp bisa
melakukan panggilan video dan mic HP bisa dipakai 3)
Ikuti tautan
untuk masuk ke forum PAI-BP kelas 6 4)
Tunjukkan wajah
dan bilang “im ready” Pembelajaran dimulai dengan: 1) Siswa menjawab
salam dan berdoa bersama; Religius 2) Siswa di absensi,
diperiksa kerapian
berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; 3) Siswa disapa guru dan ditanyai tentang aktifitas shalat
fardu dan TPQ 4) Siswa diingatkan agar selalu bersedekah, menulis ayat surat
pendek dan menghafalkannya 5) Siswa diingatkan tentang bahaya Covid 19 dan cara
penanggulangannya 6) Siswa memperhatikan guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication b. Pelaksanaan Sebelum masuk pada inti pembelajaran,
guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik melakukan
apersepsi call me aplause. Siswa yang gagal dipermainan ini akan membaca surat Al Kafirun. Communication |
10 menit |
Inti |
Ayo, Menghafal Surat Q.S
Al-Kafirun 1) Guru melafalkan Q.S Al-Kafirun
dengan suara jelas ayat satu sampai empat, diikuti seluruh peserta didik
dengan tartil, diulang-ulang sampai 3x, sesekali meminta salah satu peserta
didik untuk menghafalnya. Creativity and Innovation 2) Mengikuti langkah poin satu,
diteruskan ayat lima dan enam 3) Pola terakhir yaitu ayat satu
sampai dengan enam (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti
peserta didik (lakukan sebanyak tiga kali). 4) Bila belum hafal juga, dapat
diulangi melalui cara yang sama dari langkah (1 s.d. 3). Bila sudah banyak
yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya dan
yang lain menyimak. 5) Bila ada yang sulit dalam
menghafal maka peserta didik boleh mencari pasangan (memilih dengan yang
hafal) kemudian menghafal surat Q.S Al-Kafirun secara bersama ke guru. Collaboration |
115 menit |
Penutup |
1)
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas 2)
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 3)
Melakukan penilaian hasil belajar 4)
Membaca do’a sesudah belajar
dengan benar (disiplin) Religius |
15 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Keterampilan : Menghafal Q.S. Al Kafirun beserta artinya
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
Setyo Wibowo, S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pembelajaran (1) : Mari
Belajar Surah Q.S Al-Kafirun
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1) Mengetahui makna Q.S Al-Kafirun dengan benar.
2) Menunjukkan perilaku toleran, simpati,
waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman makna
Q.S Al-Kafirun.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
a. Persiapan Sebelum
dimulai 5)
Siswa berkelompok ke teman yang
memiliki hape dan sinyal yang bagus 6)
Whatsapp bisa melakukan panggilan
video dan mic HP bisa dipakai 7)
Lakukan panggilan dengan guru dan
digabungkan bersama 3 kelompok lain Pembelajaran dimulai dengan: 7)
Siswa menjawab salam dan berdoa bersama; Religius 8)
Siswa di absensi, diperiksa kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; 9)
Siswa disapa guru dan ditanyai
tentang aktifitas shalat fardu dan TPQ 10)
Siswa diingatkan agar selalu
bersedekah, menulis ayat surat pendek dan menghafalkannya 11)
Siswa diingatkan tentang bahaya
Covid 19 dan cara penanggulangannya 12)
Siswa memperhatikan guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication b. Pelaksanaan Sebelum masuk pada inti pembelajaran,
guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik melakukan
apersepsi tepuk jari 1-5. Siswa yang gagal dipermainan ini akan membaca surat Al
Kafirun. Communication |
10 menit |
Inti |
Makna Kandungan Surat Q.S Al-Kafirun 1)
Guru
membagi peserta didik ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok diminta untuk
membaca Q.S Al-Kafirun, mencermati artinya dan memahami materinya 2)
Peserta
didik secara kelompok mendiskusikan mengapa surat ini diakhiri dengan kata
“untukmu agamamu dan untukku agamaku”! 3)
Selanjutnya,
secara berkelompok peserta didik mendiskusikan sikap terpuji yang dapat diambil
dari Q.S Al-Kafirun. Communication 4)
Secara
bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok
lainnya memperhatikan/menyimak serta memberikan tanggapan. Critical Thinking and Problem
Solving 5)
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang materi tersebut. Communication |
115 menit |
Penutup |
1)
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas 2)
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 3)
Melakukan penilaian hasil belajar 4)
Membaca do’a sesudah belajar dengan
benar (disiplin) Religius |
15 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan : Tes
Tertulis
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
Setyo Wibowo, S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam&BudiPekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pembelajaran 7 : Ketika Bumi
Berhenti Berputar
AlokasiWaktu : 2 x 4 JP
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
§ Meyakini adanya hari akhir
sebagai implementasi pemahaman Rukun Iman.
§ Menunjukkan perilaku rendah hati
yang mencerminkan iman kepada hari akhir.
§ Memahami hikmah beriman kepada
hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
§ Menunjukkan contoh hikmah beriman
kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No. |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
1. |
§
Mengucapkan salam dan memanjatkan do’a bersama; §
Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempatduduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; dan § Menyapa peserta didik dan
menyampaikan tujuan pembelajaran. |
20 menit |
2. |
Kegiatan
Inti Mengamati §
Peserta didik mengamati
gambar/ilustrasi tentang fenomena kehidupan. Menanya §
Peserta didik diberi kesempatan
untuk menanya tentang keterkaitan gambar/ilustrasi tersebut dengan materi
pelajaran, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan
(stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. §
Secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk
menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan. Mengeksplorasi §
Peserta didik secara berkelompok
menyimak cerita singkat yang terdapat dalam buku dan mencermati ulasan
tentang makna Hari akhir berikut contoh dan hikmah beriman kepada hari akhir. §
Dalam kelompok masing-masing,
peserta didik mendiskusikan keterkaitan antara cerita yang terdapat dalam
buku teks dengan pemahaman makna hari akhir. §
Setiap kelompok menyampaikan hasil
diskusinya dan kelompok lain mengemukakan pertanyaan. Guru
memberikanpenguatan terhadap hasil diskusi peserta didik, kemudianmenjelaskan
kembali pemahaman makna hari akhir contoh dan hikmah beriman kepada hari
akhir serta mengaitkannya dengan fenomena kehidupan nyata. Mengasosiasi §
Peserta didik diberi penjelasan
oleh guru sebagai tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar/ilustrasi.
Peserta didik memyimak penjelasan guru. Mengkomunikasikan §
Dari hasil menyimak kisah
tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara
individu maupun secarab erkelompok. §
Guru memotivasi peserta didik
agarselalu menyakini akan adanya hari akhir dan memperlihatkan sikap terpuji
dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman makna hari
akhir. |
100 menit |
3. |
Penutup §
Peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru. §
Melaksanakan penilaian dan
refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya. §
Menutup
pelajaran dengan berdo’a dan salam. |
20 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
S. W., S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pelajaran (2) : Indahnya Nama-nama Allah Swt.
Alokasi Waktu : 2 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik
mampu:
v Meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha
Mendahulukan, dan Maha Kekal
v Menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman
kepada qadha dan qadar
v Memahami makna al-Asmau al- Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan
Al-Baqi
v Membaca al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi
dengan jelas dan benar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Pembelajaran dimulai dengan: 1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius 2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapian
berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; 3)
Guru menyapa peserta didik; dan 4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication |
10 menit |
Inti |
Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna 1)
Semua peserta didik mencermati
bacaan teks, kemudian salah satu peserta didik membacanya 2)
Peserta didik diberi kesempatan
untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik
mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar
peserta didik mencari tahu dengan cara menanya 3)
Selanjutnya,
peserta didik kembali pada kelompok masing-masing dan mencermati serta
mendiskusikan cara mengenal Allah Swt melalui asmaul husna As-Samad,
Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi 4)
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain memberikan tanggapan
atau pertanyaan-pertanyaan yang relevan. Communication 5)
Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali tentang cara mengenal Allah
Swt melalui asmaul husna As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi berdasarkan buku teks dan sumber lainnya
yang relevan. Critical
Thinking and Problem Solving 6)
Penilaian
atas kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dapat
dilakukan sebagaimana halnya pada bagian A. |
115 menit |
Penutup |
5)
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas 6)
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 7)
Melakukan penilaian hasil belajar 8)
Membaca do’a sesudah belajar dengan
benar (disiplin) Religius |
15 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
S. W., S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam &B udi Pekerti
Kelas/Semester : VI / 1
Pembelajaran 4 : Ayo, Membayar Zakat
AlokasiWaktu : 2 x 4 JP
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
§ Menjalankan kewajiban berzakat
sebagai implementasi pemahaman rukun Islam
§ Menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi
rukun Islam
§ Memahami hikmah zakat, infaq, dan
sedekah sebagai implementasi rukun Islam
§ Menunjukkan hikmah zakat, infaq,
dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No. |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
1. |
Pendahuluan §
Mengucapkan salam dan berdo’a bersama; §
Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; §
Menyapa peserta didik; dan § Menyampaikan tujuan pembelajaran. |
20 menit |
2. |
Kegiatan
Inti §
Guru mengajak peserta didik untuk
belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan
untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media pembelajaran
lainnya yang relevan. §
Peserta didik diberi kesempatan
untuk menanya tentang hasil pencermatannya, apabila mengalami kesulitan guru
memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu
dengan cara menanya. §
Pertanyaan peserta didik yang
diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana. §
Pertanyaan peserta didik
diinventarisir guru. §
Peserta didik secara berkelompok
kembali mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macam dan hikmah zakat.
Berdasarkan hasil kajian tersebut, setiap kelompok merumuskan beberapa pertanyaan
untuk dikemukakan pada kelompok lain. §
Setiap kelompok menyampaikan hasil
diskusinya, sementara kelompok lain ikut serta mencermati dan mengemukakan beberapa
pertanyaan yang relevan yang telah dipersiapkan bersama kelompok. §
Guru memberikan penguatan dengan
mengemukakan kembali tentang pengertian, macam-macam dan hikmah zakat berdasarkan
buku teks atau sumber lain yang relevan. §
Guru memotivasi peserta didik untuk selalu dapat memahami dan
melaksanakan perilaku berbaik sangka kepada Allah Swt. |
100 menit |
3. |
Penutup §
Peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru. §
Melaksanakan penilaian dan
refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya. §
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok. § Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam. |
20 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
S. W., S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pembelajaran (5) : Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tujuan
Pembelajaran
Melalui tanya jawab dan bercerita, peserta didik dapat:
§
Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad
saw.
§
Menunjukkan sikap semangat dalam
belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
§
Memahami kisah Nabi Muhammad saw.
§
Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
a. Persiapan Pembelajaran
dimulai dengan: 1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius 2)
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; 3)
Guru menyapa peserta didik; dan 4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication b. Pelaksanaan 1) Guru mengajak peserta didik untuk belajar bersama di luar kelas sekitar
lingkungan sekolah yang memungkinkan untuk pelaksanaan proses pembelajaran
dengan membawa papan tulis atau media pembelajaran lainnya yang relevan. Communication 2)
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mencermati pembelajaran tentang
“Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya”
Collaboration |
10 menit |
Inti |
Kisah Keteladanan Nabi Muhammad Saw 1) Peserta didik secara berkelompok mencermati alur cerita dan ulasan
gambar/ilustrasi sebagaimana terdapat dalam buku teks. 2) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hasil
pencermatannya apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan
panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. 3)
Peserta
didik secara berkelompok kembali mendiskusikan tentang sikap-sikap terpuji
atau keteladanan Nabi Muhammad Saw. Collaboration 4)
Masing-masing
kelompok mengidentifikasi dan membuat pertanyaan tentang keteladanan Nabi
Muhammad Saw? Critical
Thinking and Problem Solving 5)
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain mencermati dan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan atau pertanyaan lain
yang relevan. 6)
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik dengan menjelaskan
kembali apa yang ada dalam buku teks dan diperkaya dengan sumber lain yang
relevan. Communication |
115 menit |
Penutup |
9)
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas 10)Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 11)Melakukan penilaian hasil belajar 12)Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius |
15 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
S. W., S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 1 LARANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Pembelajaran (5) : Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tujuan
Pembelajaran
Melalui tanya jawab dan bercerita, peserta didik dapat:
§
Meyakini kebenaran kisah
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
§
Menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
§
Memahami kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw..
§
Menceritakan kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
a. Persiapan Pembelajaran
dimulai dengan: 1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius 2)
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; 3)
Guru menyapa peserta didik; dan 4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication b. Pelaksanaan 1)
Guru mengajak peserta didik untuk
belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan
untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media
pembelajaran lainnya yang relevan.
Communication 2)
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mencermati pembelajaran tentang
“Keteladanan Rasulallah Saw dan Sahabatnya”
Collaboration |
10 menit |
Inti |
Kisah Keteladan
Sahabat-Sahabat Nabi Muhammad Saw. 1) Peserta didik secara berkelompok mencermati alur cerita dan ulasan
gambar/ilustrasi sebagaimana terdapat dalam buku teks. 2) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hasil
pencermatannya apabila mengalami kesulitan guru membimbing dan memandu
(stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. 3)
Peserta
didik secara berkelompok kembali mendiskusikan tentang sikap-sikap terpuji kisah keteladan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw. Collaboration 4)
Masing-masing
kelompok mengidentifikasi dan membuat pertanyaan tentang kisah keteladan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw.? Critical
Thinking and Problem Solving 5)
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain mencermati dan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan atau pertanyaan lain
yang relevan. 6)
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik dengan menjelaskan
kembali apa yang ada dalam buku teks dan diperkaya dengan sumber lain yang
relevan. Communication |
115 menit |
Penutup |
13)
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas 14)Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 15)Melakukan penilaian hasil belajar 16)Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius |
15 menit |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui, Kepala Sekolah Pujo
Asmoro, S.Pd.SD. NIP. 19610823
198304 1 004 |
|
Larangan, Guru Mupel
PAI-BP Sareh Siswo
S. W., S.Pd.I. NIP. 199304282019031004 |
No comments:
Post a Comment