Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No. 6 / X / 1 /
2019
Nama Sekolah : SMK Negeri
1 Kaligondang
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian (TKR/TP/AK)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pokok : Perjuangan
Rasulullah di Makkah
Pertemuan ke- : 16, 17, dan 18
Alokasi Waktu :
9 x 45 menit (3 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-1. |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
KI-2. |
Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cita damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI-3. |
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
KI-4. |
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.10 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw.
di Makkah.
2.10 Bersikap tangguh dan rela berkorban
menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di
Makkah.
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.
4.10 Menunjukan perilaku yang mencerminkan
Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.10.1 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah yang
dibuktikan dengan bisa melafalkan sifat wajib bagi Rasul
2.10.1 Menunjukan sikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran
sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah.
3.10.1 Mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah
3.10.2 Membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang.
3.10.3 Mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang.
3.10.4 Menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang.
3.10.5 Mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang
4.10.1 Menunjukan perilaku yang mencerminkan Meyakini kebenaran dakwah
Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan membuat video dakwah
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Setelah pembelajaran peserta didik dapat :
1.
Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw.
di Makkah
yang dibuktikan dengan bisa melafalkan sifat wajib bagi Rasul
2.
Menunjukan sikap tangguh dan rela
berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi
di Makkah.
3.
Mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad
saw. di Makkah
4.
Membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang
5.
Mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang
6.
Menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang
7.
Mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang
8.
Menunjukan perilaku yang
mencerminkan Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan membuat video kuliah tujuh menit (kultum)
E.
Materi Pembelajaran
Judul: Substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw Periode Makkah
F. Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific
Model :
Every one is teacher here (Team Quiz)
Metode
: Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
G. Media Pembelajaran
1.
Media
a. Alat : PC,
LCD Projector, MPI
b. Bahan : Video,
Bacaan tentang Dakwah Makkah
2.
Sumber
a.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
b.
Tim Penyusun. 2014. Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan,
Tim Penyusun. 2014. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan,
c.
Iim Halimah, dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti untuk SMK dan MAK Kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga
H. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN
PERTAMA (3 JP x 45 menit)
1.
Pendahuluan (20 Menit)
a.
Guru memberi salam, memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah kemudian membimbing siswa untuk berdoa bersama lalu membersihkan
dan memilah sampah yang ada dikelas
b.
Guru melakukan absensi sementara peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Guru dan murid secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Guru
mengajukan pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya agar siswa ingat
kembali dan sebagai persiapan siswa untuk menerima materi yang akan disampaikan
e.
Guru
memberikan motivasi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
f.
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan serta KKM yang
harus dicapai.
g.
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi ‘Meneladani Perjuangan Rasulullah
SAW di Mekah
2.
Kegiatan Inti (100 Menit)
a. Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar yang ditampilkan.
b. Peserta didik mengemukakan hasil pencermatan tersebut
c. Peserta didik bertanya atau mengemukakan
pesan-pesan moral yang terkandung dalam uraian/gambar.
d. Peserta didik yang bisa menjawab dipersilahkan menjawab
pertanyaan dari peserta didik lain
e. Guru memberikan penjelasan tambahan kembali dan penguatan yang
dikemukaan peserta didik tentang isi uraian/gambar tersebut.
f.
Guru memberikan pertanyaan yang membuat peserta didik tertarik dengan bab
tersebut
g. Peserta didik dibuat menjadi 3 Team Quiz ( Team 1 membahas Proses dakwah
Rasulullah dan Subsatansi dakwah Rasulullah, Team 2 membahas Strategi Dakwah
Rasulullah dan Faktor sosial yang mempengaruhi dakwah Rasulullah, Team 3
membahas Meneladani Strategi Dakwah Rasulullah dan Menunjukan kesadaran
berperilaku sesuai dengan dakwah Rasulullah)
h. Masing-masing team membagi tugas menjadi beberapa bagian seperti mc,
pemateri, pembaca soal, penilai, notulen kemudian berdiskusi untuk menyampaikan
materi dan mempersiapkan Quiz yang akan di tanyakan
i.
Team 1 Presentasi sedangkan team 2 dan 3 mendengarkan, bertanya dan bersiap
menjawab pertanyaan
j.
Kelompok 1
menyampaikan pertanyaan sedangkan
kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan jawaban
k. Setiap team dievaluasi dengan make and match
l.
Guru dan
peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang
terdapat dalam buku teks peserta didik pada kolom rangkuman.
3.
Penutup (15 Menit)
a.
Siswa
menanyakan hal-hal yang masih ragu.
b.
Guru
membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga
informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
c.
Siswa
menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
d.
Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan
mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan selanjutnya
e.
Guru
menyampaikan gambaran materi dan pengerjaan tugas untuk minggu berikutnya
f.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
g.
Menutup kegiatan pembalajaran dengan hamdalah
PERTEMUAN KEDUA (3 JP x 45 menit)
1.
Pendahuluan (20 Menit)
a.
Guru memberi salam, memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah kemudian membimbing siswa untuk berdoa bersama lalu membersihkan
dan memilah sampah yang ada dikelas
b.
Guru melakukan absensi sementara peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Guru dan murid secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Guru
mengajukan pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya agar siswa ingat
kembali dan sebagai persiapan siswa untuk menerima materi yang akan disampaikan
e.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai,
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
f.
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan serta KKM yang
harus dicapai.
2. Kegiatan Inti (100
Menit)
Pada pertemuan kedua ini,
pendidik dan peserta didik melanjutkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan
pertama
a.
Secara
bergantian, team 2
mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan
memberikan tanggapan
b.
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang materi tersebut.
c.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang
terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.
3.
Penutup (15
Menit)
a. Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.
b. Guru membantu siswa untuk menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
kesalahpahaman terhadap materi.
c. Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan
guru.
d. Guru melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan
selanjutnya
e. Guru menyampaikan gambaran materi dan
pengerjaan tugas untuk minggu berikutnya
f. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
memberikan pesan untuk tetap belajar.
g. Menutup kegiatan
pembalajaran dengan hamdalah
PERTEMUAN KETIGA (3 JP x 45 menit)
1. Pendahuluan (20 Menit)
a. Guru memberi salam, memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah kemudian membimbing siswa untuk berdoa bersama lalu membersihkan dan memilah sampah yang ada dikelas
b. Guru melakukan absensi sementara peserta
didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Guru dan murid secara bersama
bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d. Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pengetahuan
sebelumnya agar siswa ingat kembali dan sebagai persiapan siswa untuk menerima
materi yang akan disampaikan
e. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan sesuai silabus
f. Guru menyampaikan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan serta KKM yang harus dicapai.
2. Kegiatan Inti (100
Menit)
Pada pertemuan ketiga ini,
pendidik dan peserta didik melanjutkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan
pertama
a.
Secara
bergantian, team tiga
mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan
memberikan tanggapan
b.
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang materi tersebut.
c.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang
terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.
3. Penutup (15
Menit)
a. Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.
b. Guru membantu siswa untuk menjelaskan
hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi
kesalahpahaman terhadap materi.
c. Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan
guru.
d. Guru melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan
selanjutnya
e. Guru menyampaikan gambaran materi dan
pengerjaan tugas untuk minggu berikutnya
f. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
memberikan pesan untuk tetap belajar.
g. Menutup kegiatan
pembalajaran dengan hamdalah
I. Penilaian Pembelajaran, Remidial
dan Pengayaan
Terlampir
J. Sumber Belajar
1. Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2. Tim Penyusun. 2014. Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan,
Tim Penyusun. 2014. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan,
3. Iim Halimah, dkk. 2013.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMK dan MAK Kelas X, Jakarta:
Penerbit Erlangga,
4. Diktat PAI dan BP karya guru
Mengetahui, Kepala SMK N 1 Kaligondang F Budi Santoso, S.Pd., M.Si NIP. 19700215 199703 1 006 |
Kaligondang, 29 Juni
2018 Guru Mata Pelajaran PAI Sareh Siswo SetyoWibowo, M.Pd NIP. -- |
LAMPIRAN
Penilaian Hasil Belajar
1.
Penilaian
Sikap :
Teknik : Mengamati, Wawancara, dll
Bentuk : Lembar Pengamatan
2.
Penilaian
pengetahuan :
Teknik : Tes tertulis
Bentuk : Uraian
3.
Penilaian
keterampilan :
Teknik : Unjuk Kerja, Diskusi
Bentuk : Lembar Pengamatan
1. Penilaian Sikap Religius
·
Indikator Sikap Religius
Siswa dapat membaca Qur’an dengan bacaan yang benar
Siswa dapat membaca Qur’an dengan kelengkapan yang benar
Siswa dapat membaca Qur’an dengan khusyu yang benar
Siswa dapat membaca Qur’an dengan sikap yang benar
·
Lembar Penilaian Sikap Religius
No |
Nama
Siswa |
bacaan |
Kelengkap an |
kekhusyukan |
Sikap |
TOT |
||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai 1 = Kurang,
Nilai 2 = Sedang, Nilai 3 = Baik,
Nilai 4 = sangat baik
·
Rubrik Penilaian Sikap Religius
Bacaan
a. Jelas nilai 4
b. Kurang Jelas nilai 3
c. Tidak jelas nilai 2
d. Tidak baca nilai 1
Kelengkapan
a. Lengkap nilai 4
b. Kurang lengkap nilai 3
c. Tidak lengkap nilai 2
d. Tidak baca nilai 1
Kekhusyukan
a. Khusyuk nilai 4
b. Kurang khuyuk nilai 3
c. Tidak khusyuk nilai 2
d. Tidak baca nilai 1
Sikap
a. Sopan nilai 4
b. Kurang sopan nilai 3
c. Tidak sopan nilai 2
d. Tidak baca nilai 1
Pedoman Penilaian
Penilaian Afektif :
2. Penilaian Sikap Sosial
Indikator
penilaian observasi
No. |
Sikap |
Indikator |
1. |
Tangguh |
a.
Tangguh dalam menjalankan tugas mata pelajaran b.
Tangguh dalam mengemban amanah mejadi petugas piket |
2. |
Rela
Berkorban |
a.
Rela berkorban dalam mengerjakan tugas kelompok b.
Rela berkorban ketika presentasi kelompok |
Rubrik Penilaian Sikap
No |
Nama
Peserta didik |
Tangguh |
Rela Berkorban |
Total
Skor |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai 1 = Kurang,
Nilai 2 = Sedang, Nilai 3 = Baik,
Nilai 4 = sangat baik
Indikator
Penilaian Sikap
Tangguh
a. Sangat tangguh dalam menjalankan perintah
b.
Tangguh dalam menjalankan perintah
c.
Agak tangguh dalam menjalankan perintah
d.
Tidak tangguh dalam menjalankan perintah
Rela Berkorban
a.
Sangat suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok
b.
Suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok
c.
Agak suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok
d.
Tidak suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok
Pedoman Penilaian:
Penilaian Sosial :
3. Penilaian pengetahuan
Kisi-kisi Soal Utama
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri 1 Kaligondang
Kelas/Semester : X TKR TP AK/
1
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Paket Kerahlian :
Semua keahlian (TKR TP AK)
Mata Pelajaran :
PAI dan BP
Penilaian :
Tugas Harian
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
3.10.1
Mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah |
3.10.1
Siswa dapat mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah dengan benar |
Substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw Periode Makkah |
3.10.1
Siswa dapat mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah dengan benar |
essay |
1 |
3.10.2
Membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang. |
3.10.2
Siswa dapat membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang dengan benar |
3.10.2
Siswa dapat membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang dengan benar |
essay |
2 |
|
3.10.3
Mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang. |
3.10.3
Siswa dapat mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar |
3.10.3
Siswa dapat mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar |
essay |
3 |
|
3.10.4
Menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang. |
3.10.4
Siswa dapat menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar |
3.10.4
Siswa dapat menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar |
essay |
4 |
|
3.10.5
Mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang |
3.10.5
Siswa dapat mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar |
3.10.5
Siswa dapat mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar |
essay |
5 |
No. |
Soal |
Kunci Jawaban |
Nilai |
1. |
1. Sebutkan substansi, strategi,
dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah! |
Aqidah dan akhlak mulia Sembunyi dan terang-terangan |
Lengkap 20 Kurang lengkap 10 |
2. |
2. Bandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah
Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang! |
Zaman Nabi akhlak mulia dicontohkan baru didakwahkan Zaman sekarang hanya bisa mendakwahkan sulit mencontohkan |
Lengkap 20 Kurang
lengkap 10 |
3. |
3. Bagaimanakah cara
mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang |
Cara mengadaptasinya
dengan sering melakukan apa yang dilakukan Nabi lalu di kembangkan tanpa
melanggar tuntunan Al Quran dan Hadits |
Lengkap 20 Kurang
lengkap 10 |
4. |
4. Apakah hal yang bisa kita ambil dari substansi, strategi,
dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah untuk era sekarang |
Nabi berdakwah dengan
mengutamakan akhlak sehingga mudah diterima masyarakat Zaman sekarang juga
sangat relefan jika uswatun hasanah sebagai pondasi utama |
Lengkap 20 Kurang
lengkap 10 |
5. |
5. Kritisilah substansi, strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan era sekarang |
Substansi dakwah sekarang sudah buram karena ada yang
berdakwah untuk profesi Strategi dakwah di zaman sekarang kurang mengena karena
tidak dilandasi akhlakul karimah |
Lengkap 20 Kurang lengkap 10 |
Total |
100 |
Penilaian Pengetahuan :
LEMBAR SOAL
Mata
Pelajaran : PAI dan BP
Kompetensi
Dasar : Substansi dan Strategi Dakwah Makkah
=======================================================
PETUNJUK : Kerjakanlah soal dibawah ini dengan benar!
1. Sebutkan substansi, strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah!
2. Bandingkan substansi, strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang!
3. Bagaimanakah cara mengadaptasi substansi,
strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang?
4. Apakah hal yang bisa kita ambil dari
substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah untuk
era sekarang?
5. Kritisilah substansi, strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan era sekarang!
Lembar
Jawab
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
^_^ Selamat Mengerjakan ^_^
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN
No |
Nama Siswa/
Kelompok |
Nilai |
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
4. |
|
|
Dst. |
|
|
·
Soal Remidial
Instrumen/butir
Soal Remidial Pengetahuan
No |
Soal |
Kunci
Jawaban |
Skor |
1 |
Sebutkan
substansi dan strategi dakwah Nabi di Makkah! |
Aqidah dan akhlak mulia Sembunyi dan terang-terangan |
Skor
3 : Jika jawaban lengkap dan benar Skor
2 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap Skor
1 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat |
2 |
Sebutkan
salah satu Penceramah yang kalian ketahui lalu kritisilah apakah strategi
dakwahnya sudah sesuai dengan
Nabi waktu di Makkah? Jelaskan! |
Hasil pemikiran siswa tentang
strategi dakwah seorang penceramah sudah sesuai dengan Nabi waktu di Makkah atau belum |
Skor
4 : Jika jawaban lengkap dan benar Skor
3 : Jika jawaban benar tetapi tidak
lengkap Skor
2 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat Skor
1 : Jika jawaban salah |
3 |
Sebutkan
salah satu Penceramah yang kalian ketahui lalu kritisilah apakah substansi
dakwahnya sudah sesuai dengan
Nabi waktu di Makkah? Jelaskan! |
Hasil
pemikiran siswa tentang substansi dakwah seorang penceramah sudah sesuai dengan Nabi waktu di
Makkah atau belum |
Skor
3 : Jika jawaban lengkap dan benar Skor
2 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap Skor
1 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat |
TOTAL |
10 |
Pedoman
Penilaian:
Penilaian Kognitif :
·
Soal Pengayaan
Instrumen/butir
Soal Pengayaan Pengetahuan
No |
Soal |
Kunci
Jawaban |
Skor |
1 |
Pilihlah
salah satu Ustadz di Indonesia lalu bandingkan substans dan strategi dakwah
Ustadz tersebut dengan Nabi saat di Makkah! Sebutkan persamaan dan
perbedaannya lalu jelaskan! |
Penjelasan siswa tentang perbandingan substansi
dan strategi dakwah antara Ustadz yang dipilih dengan Nabi waktu di Makkah |
Skor
3 : Jika jawaban lengkap dan benar Skor
2 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap Skor
1 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat |
4. Penilaian Keterampilan
Kisi-kisi soal utama
Kompetensi Dasar |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
4.10.1
Menunjukan perilaku yang
mencerminkan Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan
membuat video dakwah |
Siswa dapat menunjukan perilaku yang mencerminkan
Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan membuat video
dakwah dengan benar |
praktik |
1 |
Lembar
penilaian keterampilan
No. |
Nama
Peserta didik |
isi |
kreatif |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Sareh |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Siswo |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Setyo |
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian :
isi |
kreatif |
skor |
sangat berisi |
Sangat kreatif |
4 |
berisi |
kreatif |
3 |
kurang berisi |
Kurang kreatif |
2 |
Tidak berisi |
Tidak kreatif |
1 |
Pedoman Penilaian
Penilaian Keterampilan :
HANDOUT
Substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw Periode Makkah
1. Substansi dakwah Rasulullah SAW
Substansi ajaran Islam
periode Makkah, yang didakwahkan
Rasulullah SAW di awal kenabiannya adalah sebagai berikut :
b. Aqidah
Rasulullah saw. diutus oleh Allah Swt. untuk membawa ajaran tauhid.
Masyarakat Arab yang saat ia dilahirkan bahkan jauh sebelum ia lahir, hidup
dalam praktik kemusyrikan.
c. Akhlak Mulia
Dalam hal akhlak, Nabi Muhammad saw. tampil sebagai teladan yang
baik (ideal). Sejak sebelum menjadi nabi, ia telah tampil sebagai sosok yang
jujur sehingga diberi gelar oleh masyarakatnya al-Amin (yang dapat
dipercaya). Ia merupakan sosok yang suka menolong dan meringankan beban orang
lain. Ia juga membangun dan memelihara hubungan kekeluargaan serta
persahabatan. Nabi Muhammad saw. tampil sebagai sosok yang sopan, lembut,
menghormati setiap orang, dan memuliakan tamu. Selain itu, Nabi Muhammad saw.
juga tampil sebagai sosok yang berani dalam membela kebenaran, teguh pendirian,
dan tekun dalam beribadah.
2. Strategi dakwah
Rasulullah SAW.
a. Dakwah secara
sembunyi-sembunyi selama 3-4 tahun.
Cara
ini ditempuh oleh Rasulullah SAW karena beliau begitu yakin, bahwa masyarakat
Arab jahiliah, masih sangat kuat mempertahankan kepercayaan dan tradisi warisan
leluhur mereka. Sehingga mereka bersedia berperang dan rela mati dalam
mempertahankannya. Pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi ini, Rasulullah
SAW menyeru untuk masuk Islam kepa orang-orang terdekatnya yakni keluarga dan
para sahabatnya.
b. Dakwah Secara terang-terangan
Dakwah secara terang-terangan ini dimulai sejak tahun
ke-4 dari kenabian, yakni setelah turunnya wahyu yang berisi perintah Allah SWT
agar dakwah itu dilaksanakan secara terang-terangan. Pada tahap ini rasululloh mengajak sanak keluarga,
kaumnya dan masyarakat mekah.
3. Reaksi masyarakat terhadap dakwah nabi
Reaksi kaum bermacam-macam, ada
yang menerima dan ada yang menolak.
ajaran Islam bisa diterima dan
dianut oleh mereka yang sebelumnya terbiasa dengan adat-istiadat masyarakat
Arab dikarenakan:
a. Pribadi Rasulullah saw. yang begitu luhur dan agung.
b. Ajaran Islam yang rasional, logis, dan universal,
menghargai hak-hak asasi manusia, memberikan hak yang sama, keadilan, dan
kepastian hidup setelah mati
c. Menyempurnakan ajaran-ajaran sebelumnya
d. Kesadaran akan tradisi dan kebiasaan-kebiasaan lama yang begitu
jauhdari nilai-nilai ketuhanan dan nilai-nilai kemanusiaan.
kaum Quraisy terus berupaya
menggalang kekuatan agar Rasulullah saw. dan upayanya
dalam penyebaran ajaran Islam dapat
dihentikan melalui:
- mengajak berdialog
- mempengaruhi abu thalib
- memberi ancaman dan
siksaan
- memboikot bidang ekonomi dan politik
sebenarnya kaum quraisy mengetahui dan
memahami betul bahwa ajaran Ilahi yang dibawa Rasulullah saw. adalah ajaran
yang lurus, benar, dan haq. Akan tetapi karena beberapa alasan
kaum kafir menolak dan menentang ajaran yang dibawa Rasulullah saw,
diantaranya:
-
Kesombongan
dan Keangkuhan
Mereka
menganggap bahwa semua yang telah mereka lakukan adalah sesuatu yang benar.
kaum Quraisy yang merasa suku mereka yang paling terhormat dan paling
berpengaruh. Mereka memandang bahwa mereka lebih mulia dan tinggi derajatnya
dari golongan bangsa Arab lainnya. Mereka tidak menerima ajaran persamaan
hak dan derajat yang dibawa Islam. Oleh karenanya, mengakui dan menerima ajaran
Islam yang dibawa oleh Rasulullah saw. akan menurunkan dan menjatuhkan derajat
dan martabat serta mengancam kedudukan mereka.
-
Fanatisme
Buta terhadap Leluhur
Kebiasaan yang
telah mengakar kuat dan turun-temurun dalam melaksanakan penyembahan berhala
dan kemusyrikan lainnya, menyebabkan mereka sangat sulit menerima ajaran
nabi.
-
Eksistensi
dan Persaingan Kekuasaan
Jika mereka menerima Rasulullah
saw. dengan ajaran yang dibawanya, tentu saja akan berakibat pada lemahnya
pengaruh dan kekuasaan mereka. Kekuasaan dan pengaruh yang selama ini mereka
dapatkan dengan menghalalkan berbagai cara, tentu sangat bertolak belakang
dengan ajaran Rasulullah saw.
4. Perjanjian suci
a. Perjanjian Aqabah I
orang-orang
Yasrib berjanji kepada Nabi untuk tidak menyekutukan Tuhan, tidak mencuri,
tidak berzina, tidak membunuh anak-anak, tidak mengumpat dan memfitnah, baik di
depan atau di belakang, jangan menolak berbuat kebaikan. Siapa
mematuhi semua itu akan mendapat pahala surga dan kalau ada yang melanggar,
persoalannya kembali kepada Allah Swt.
b. Perjanjian Aqabah II.
orang-orang
Yasrib berjanji kepada Nabi sebagai berikut, “Kami berikrar, bahwa kami sudah
mendengar dan setia di waktu suka dan duka, di waktu bahagia dan sengsara, kami
hanya akan berkata yang benar di mana saja kami berada, dan di jalan Allah Swt.
kami tidak gentar terhadap ejekan dan celaan siapapun.”
5. Hijrah
a. Hijrah ke Habsyi
Tahap
pertama terdiri dari 15 orang( 11 L dan 4 p), tujuannya untuk menghindari
bahaya penyiksaan kafir quraisy. Tahap kedua terdiri dari 80 orang laki-laki.
b. Hijrah ke Madinah
Semakin
meningkatnya siksaan kafir qurais terhadap umat islam mendorong nabi muhammad
untuk memerintahkan sahabat dan pengikutnya untuk berhijrah ke yasrib. Nabi
membangun masjid quba. Sejak itu nama yasrib diganti dengan nama madinah.
6. Perilaku yang dapat
diteladani dan hikmah dari dakwah Rasulullah Saw di Mekah
Perilaku
yang dapat diteladani:
a. Memiliki sikap tangguh,
penerapan dalam kehidupan:
1) Menggunakan waktu untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar
mendapatkan prestasi yang tinggi.
2) Secara terus-menerus mencoba sesuatu yang belum dapat dikerjakan
sampai ditemukan solusi untuk mengatasinya.
3) Melaksanakan segala peraturan di sekolah sebagai bentuk pengamalan
sikap disiplin dan tanggung jawab.
4) Menjalankan segala perintah agama dan menjauhi larangannya dengan
penuh keikhlasan.
5) Tidak putus asa ketika mengalami kegagalan dalam meraih suatu
keinginan.
b. Memiliki jiwa rela
berkorban
1) Menyisihkan waktu sebaik mungkin untuk kegiatan yang bermanfaat.
2) Mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
3) Menyisihkan sebagian harta untuk membantu orang lain yang
membutuhkan.
Hikmah
yang dapat diambil:
a. menjalankan amar ma’ruf nahi munkar pasti
akan mendapatkan pertolongan Allah SWT
b. Seorang rasul tidak bisa memberi petunjuk
(hidayah) bahkan kepada keluarga dan orang yang dicintai sekalipun.
c. Memahami bahwa Allah SWT pasti akan menguji seseorang
yang akan terpilih menjadi utusan atau rasul-Nya. Oleh karena itu sangat wajar
bila sesorang ingin menjadi pemimpin atau menduduki jabatan tertentu terlebih
dahulu harus diuji.
d. Dapat mengambil contoh cara-cara berdakwah
yang dilakukan nabi saw, yaitu sangat bijaksana, pandai menggunakan kesempatan
yang berharga, dapat menarik perhatian orang tanpa menimbulkan kebosanan
e. Dapat meneladani Nabi SAW sebagai uswatun
khasanah, artinya sikap dan amal perbuatan beliau sehari-hari adalah
teladan yang baik, terutama terhadap ajaran Islam yang didakwahkannya
No comments:
Post a Comment