Friday, April 16, 2021

Contoh RPP SMK BERKARAKTER lengkap KI 1 - 4, RENCANA PENILAIAN, HINGGA LAMPIRAN MATERI

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

No. 6 / X / 1 / 2019

 

Nama Sekolah                :           SMK Negeri 1 Kaligondang

Kompetensi Keahlian      :           Semua Kompetensi Keahlian (TKR/TP/AK)

Mata Pelajaran               :           Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester              :           X / 1

Materi Pokok                  :           Perjuangan Rasulullah di Makkah

Pertemuan ke-               :           16, 17, dan 18

Alokasi Waktu                :           9 x 45 menit (3 kali pertemuan)

           

A.     Kompetensi Inti

 

KI-1.  

Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

KI-2.

Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cita damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3.

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-4.

Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

1.10   Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.

2.10   Bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah.

3.10   Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.

4.10   Menunjukan perilaku yang mencerminkan Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah.

                 

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi

1.10.1 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah yang dibuktikan dengan bisa melafalkan sifat wajib bagi Rasul

2.10.1 Menunjukan sikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah.

3.10.1 Mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah

3.10.2 Membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang.

3.10.3 Mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang.

3.10.4 Menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang.

3.10.5 Mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang

4.10.1 Menunjukan perilaku yang mencerminkan Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan membuat video dakwah

 

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN:

Setelah pembelajaran peserta didik dapat :

1.   Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah yang dibuktikan dengan bisa melafalkan sifat wajib bagi Rasul

2.   Menunjukan sikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah.

3.   Mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah

4.   Membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang

5.   Mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang

6.   Menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang

7.   Mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang

8.   Menunjukan perilaku yang mencerminkan Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan membuat video kuliah tujuh menit (kultum)

 

E.      Materi Pembelajaran

Judul: Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw Periode Makkah

 

F.    Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan             : Scientific

Model                     : Every one is teacher here (Team Quiz)

Metode                   : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi

 

G.    Media Pembelajaran

         1.      Media

a.   Alat           : PC, LCD Projector, MPI

b.   Bahan       : Video, Bacaan tentang Dakwah Makkah

         2.       Sumber

a.   Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI

b.   Tim Penyusun. 2014. Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Penyusun. 2014. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,

c.   Iim Halimah, dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMK dan MAK Kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga

H.    Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN PERTAMA (3 JP x 45 menit)

1.       Pendahuluan (20 Menit)

a.     Guru memberi salam, memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah kemudian membimbing siswa untuk berdoa bersama lalu membersihkan dan memilah sampah yang ada dikelas

b.     Guru melakukan absensi sementara peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an

c.     Guru dan murid secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)

d.     Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya agar siswa ingat kembali dan sebagai persiapan siswa untuk menerima materi yang akan disampaikan

e.     Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

f.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan serta KKM yang harus dicapai.

g.     Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi ‘Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah

2.      Kegiatan Inti (100 Menit)

a.     Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar yang ditampilkan.

b.     Peserta didik mengemukakan hasil pencermatan tersebut

c.     Peserta didik bertanya atau mengemukakan pesan-pesan moral yang terkandung dalam uraian/gambar.

d.     Peserta didik yang bisa menjawab dipersilahkan menjawab pertanyaan dari peserta didik lain

e.     Guru memberikan penjelasan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang isi uraian/gambar tersebut.

f.      Guru memberikan pertanyaan yang membuat peserta didik tertarik dengan bab tersebut

g.     Peserta didik dibuat menjadi 3 Team Quiz ( Team 1 membahas Proses dakwah Rasulullah dan Subsatansi dakwah Rasulullah, Team 2 membahas Strategi Dakwah Rasulullah dan Faktor sosial yang mempengaruhi dakwah Rasulullah, Team 3 membahas Meneladani Strategi Dakwah Rasulullah dan Menunjukan kesadaran berperilaku sesuai dengan dakwah Rasulullah)

h.     Masing-masing team membagi tugas menjadi beberapa bagian seperti mc, pemateri, pembaca soal, penilai, notulen kemudian berdiskusi untuk menyampaikan materi dan mempersiapkan Quiz yang akan di tanyakan

i.      Team 1 Presentasi sedangkan team 2 dan 3 mendengarkan, bertanya dan bersiap menjawab pertanyaan

j.      Kelompok 1 menyampaikan pertanyaan sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan jawaban

k.     Setiap team dievaluasi dengan make and match

l.      Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks peserta didik pada kolom rangkuman.

3.    Penutup (15 Menit)

a.     Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.

b.     Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.

c.     Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.

d.     Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan selanjutnya

e.     Guru menyampaikan gambaran materi dan pengerjaan tugas untuk minggu berikutnya

f.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

g.     Menutup kegiatan pembalajaran dengan hamdalah

 

PERTEMUAN KEDUA (3 JP x 45 menit)

1.    Pendahuluan (20 Menit)

a.     Guru memberi salam, memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah kemudian membimbing siswa untuk berdoa bersama lalu membersihkan dan memilah sampah yang ada dikelas

b.     Guru melakukan absensi sementara peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an

c.     Guru dan murid secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)

d.     Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya agar siswa ingat kembali dan sebagai persiapan siswa untuk menerima materi yang akan disampaikan

e.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

f.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan serta KKM yang harus dicapai.

 

2.    Kegiatan Inti (100 Menit)

Pada pertemuan kedua ini, pendidik dan peserta didik melanjutkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan pertama

a.     Secara bergantian, team 2 mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan

b.     Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.

c.     Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.

 

3.    Penutup (15 Menit)

a.    Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.

b.    Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.

c.    Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.

d.    Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan selanjutnya

e.    Guru menyampaikan gambaran materi dan pengerjaan tugas untuk minggu berikutnya

f.     Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

g.    Menutup kegiatan pembalajaran dengan hamdalah

 

PERTEMUAN KETIGA (3 JP x 45 menit)

1.    Pendahuluan (20 Menit)

a.     Guru memberi salam, memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah kemudian membimbing siswa untuk berdoa bersama lalu membersihkan dan memilah sampah yang ada dikelas

b.     Guru melakukan absensi sementara peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an

c.     Guru dan murid secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)

d.     Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya agar siswa ingat kembali dan sebagai persiapan siswa untuk menerima materi yang akan disampaikan

e.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

f.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan serta KKM yang harus dicapai.

 

2.    Kegiatan Inti (100 Menit)

Pada pertemuan ketiga ini, pendidik dan peserta didik melanjutkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan pertama

a.     Secara bergantian, team tiga mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan

b.     Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.

c.     Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.

 

3.     Penutup (15 Menit)

a.    Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.

b.    Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.

c.    Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.

d.    Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan selanjutnya

e.    Guru menyampaikan gambaran materi dan pengerjaan tugas untuk minggu berikutnya

f.     Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

g.    Menutup kegiatan pembalajaran dengan hamdalah

 

I.     Penilaian Pembelajaran, Remidial dan Pengayaan

Terlampir

 

J.     Sumber Belajar

1.   Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI

2.   Tim Penyusun. 2014. Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Penyusun. 2014. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,

3.   Iim Halimah, dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMK dan MAK Kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga,

4.   Diktat PAI dan BP karya guru

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK N 1 Kaligondang

 

 

 

F Budi Santoso, S.Pd., M.Si

NIP. 19700215 199703 1 006

 

Kaligondang, 29 Juni 2018

 

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

Sareh Siswo SetyoWibowo, M.Pd

  NIP.  --

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

Penilaian Hasil Belajar

 

1.   Penilaian Sikap                   : 

Teknik                               :  Mengamati, Wawancara, dll

Bentuk                              :  Lembar Pengamatan

2.   Penilaian pengetahuan        : 

Teknik                               :  Tes tertulis

Bentuk                              :  Uraian

3.   Penilaian keterampilan        : 

Teknik                               :  Unjuk Kerja, Diskusi

Bentuk                              :  Lembar Pengamatan                 

 

1.    Penilaian Sikap Religius

·       Indikator Sikap Religius

Siswa dapat membaca Qur’an dengan bacaan yang benar

Siswa dapat membaca Qur’an dengan kelengkapan yang benar

Siswa dapat membaca Qur’an dengan khusyu yang benar

Siswa dapat membaca Qur’an dengan sikap yang benar

 

·       Lembar Penilaian Sikap Religius 

No

Nama Siswa

bacaan

Kelengkap an

kekhusyukan

Sikap

TOT

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Nilai 1 = Kurang,  Nilai 2 = Sedang, Nilai 3 = Baik,  Nilai 4 = sangat baik

·       Rubrik Penilaian Sikap Religius

Bacaan

a.   Jelas nilai 4

b.   Kurang Jelas nilai 3

c.   Tidak jelas nilai 2

d.   Tidak baca nilai 1

Kelengkapan

a.   Lengkap nilai 4

b.   Kurang lengkap nilai 3

c.   Tidak lengkap nilai 2

d.   Tidak baca nilai 1

Kekhusyukan

a.   Khusyuk nilai 4

b.   Kurang khuyuk nilai 3

c.   Tidak khusyuk nilai 2

d.   Tidak baca nilai 1

Sikap

a.   Sopan nilai 4

b.   Kurang sopan nilai 3

c.   Tidak sopan nilai 2

d.   Tidak baca nilai 1

 

Pedoman Penilaian

Penilaian Afektif         :   

 

2.     Penilaian Sikap Sosial

Indikator penilaian observasi

No.

Sikap

Indikator

1.

Tangguh

a.       Tangguh dalam menjalankan tugas mata pelajaran

b.      Tangguh dalam mengemban amanah mejadi petugas piket

 

2.

Rela Berkorban

a.        Rela berkorban dalam mengerjakan tugas kelompok

b.       Rela berkorban ketika presentasi kelompok

 

 

Rubrik Penilaian Sikap

No

Nama Peserta didik

Tangguh

Rela Berkorban

 

Total Skor

1

2

3

4

1

2

3

4

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Nilai 1 = Kurang,  Nilai 2 = Sedang, Nilai 3 = Baik,  Nilai 4 = sangat baik

 

Indikator Penilaian Sikap

Tangguh

a.   Sangat tangguh dalam menjalankan perintah

b.   Tangguh dalam menjalankan perintah

c.   Agak tangguh dalam menjalankan perintah

d.   Tidak tangguh dalam menjalankan perintah

 

Rela Berkorban

a.     Sangat suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok

b.     Suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok

c.     Agak suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok

d.     Tidak suka rela berkorban dalam menjalankan tugas kelompok

 

Pedoman Penilaian:

Penilaian Sosial                :   

 

3.    Penilaian pengetahuan

Kisi-kisi Soal Utama

Satuan Pendidikan          : SMK Negeri 1 Kaligondang

Kelas/Semester              : X TKR TP AK/ 1

Tahun Pelajaran             : 2018/2019

Paket Kerahlian              : Semua keahlian (TKR TP AK)

Mata Pelajaran               : PAI dan BP

Penilaian                        : Tugas Harian

 

Kompetensi Dasar

IPK

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

3.10.1 Mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah

3.10.1 Siswa dapat mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan benar

Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw Periode Makkah

3.10.1 Siswa dapat mengidentifikasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan benar

essay

1

3.10.2 Membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang.

3.10.2 Siswa dapat membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang dengan benar

3.10.2 Siswa dapat membandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang dengan benar

essay

2

3.10.3 Mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang.

3.10.3 Siswa dapat mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar

3.10.3 Siswa dapat mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar

essay

3

3.10.4 Menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang.

3.10.4 Siswa dapat menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar

3.10.4 Siswa dapat menelaah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar

essay

4

 

3.10.5 Mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang

 

 

3.10.5 Siswa dapat mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar

 

3.10.5 Siswa dapat mengkritisi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang dengan benar

essay

5

 

No.

Soal

Kunci Jawaban

Nilai

1.

1. Sebutkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah!

 

Aqidah dan akhlak mulia

Sembunyi dan terang-terangan

Lengkap 20

Kurang lengkap 10

2.

2. Bandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang!

Zaman Nabi akhlak mulia dicontohkan baru didakwahkan

Zaman sekarang hanya bisa mendakwahkan sulit mencontohkan

 

Lengkap 20

Kurang lengkap 10

3.

3. Bagaimanakah cara mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang

Cara mengadaptasinya dengan sering melakukan apa yang dilakukan Nabi lalu di kembangkan tanpa melanggar tuntunan Al Quran dan Hadits

 

Lengkap 20

Kurang lengkap 10

4.

4. Apakah hal yang bisa kita ambil dari substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah untuk era sekarang

Nabi berdakwah dengan mengutamakan akhlak sehingga mudah diterima masyarakat

Zaman sekarang juga sangat relefan jika uswatun hasanah sebagai pondasi utama

 

Lengkap 20

Kurang lengkap 10

5.

5. Kritisilah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan era sekarang

Substansi dakwah sekarang sudah buram karena ada yang berdakwah untuk profesi

Strategi dakwah di zaman sekarang kurang mengena karena tidak dilandasi akhlakul karimah

 

Lengkap 20

Kurang lengkap 10

 

Total

 

100

 

Penilaian Pengetahuan                :   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR SOAL

 

Mata Pelajaran        :    PAI dan BP

Kompetensi Dasar   :    Substansi dan Strategi Dakwah Makkah

=======================================================

PETUNJUK : Kerjakanlah soal dibawah ini dengan benar!

 

1.   Sebutkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah!

2.   Bandingkan substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan Da’i sekarang!

3.   Bagaimanakah cara mengadaptasi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah ke era sekarang?

4.   Apakah hal yang bisa kita ambil dari substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah untuk era sekarang?

5.   Kritisilah substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan era sekarang!

Lembar Jawab

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

                                                    ^_^       Selamat Mengerjakan   ^_^

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

 

No

Nama Siswa/ Kelompok

Nilai

1.

 

 

2.

 

 

3.

 

 

4.

 

 

Dst.

 

 

 

·       Soal Remidial

Instrumen/butir Soal Remidial Pengetahuan

No

Soal

Kunci Jawaban

Skor

1

Sebutkan substansi dan strategi dakwah Nabi di Makkah!

Aqidah dan akhlak mulia

Sembunyi dan terang-terangan

Skor 3 : Jika jawaban lengkap dan benar

Skor 2 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap

Skor 1 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat

 

2

Sebutkan salah satu Penceramah yang kalian ketahui lalu kritisilah apakah strategi dakwahnya sudah sesuai dengan Nabi waktu di Makkah? Jelaskan!

Hasil pemikiran siswa tentang strategi dakwah seorang penceramah sudah sesuai dengan Nabi waktu di Makkah atau belum

Skor 4 : Jika jawaban lengkap dan benar

Skor 3 :  Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap

Skor 2 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat

Skor 1 : Jika jawaban salah

3

Sebutkan salah satu Penceramah yang kalian ketahui lalu kritisilah apakah substansi dakwahnya sudah sesuai dengan Nabi waktu di Makkah? Jelaskan!

Hasil pemikiran siswa tentang substansi dakwah seorang penceramah sudah sesuai dengan Nabi waktu di Makkah atau belum

Skor 3 : Jika jawaban lengkap dan benar

Skor 2 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap

Skor 1 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat

TOTAL

10

 

Pedoman Penilaian:

Penilaian Kognitif            :          

 

 

·       Soal Pengayaan

Instrumen/butir Soal Pengayaan Pengetahuan

No

Soal

Kunci Jawaban

Skor

1

Pilihlah salah satu Ustadz di Indonesia lalu bandingkan substans dan strategi dakwah Ustadz tersebut dengan Nabi saat di Makkah! Sebutkan persamaan dan perbedaannya lalu jelaskan!

Penjelasan siswa tentang perbandingan substansi dan strategi dakwah antara Ustadz yang dipilih dengan Nabi waktu di Makkah

Skor 3 : Jika jawaban lengkap dan benar

Skor 2 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap

Skor 1 : Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat

 

 

4.    Penilaian Keterampilan

Kisi-kisi soal utama

Kompetensi Dasar

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

4.10.1 Menunjukan perilaku yang mencerminkan Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan membuat video dakwah

Siswa dapat menunjukan perilaku yang mencerminkan Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah dengan membuat video dakwah dengan benar

praktik

1

 

Lembar penilaian keterampilan

No.

Nama Peserta didik

isi

kreatif

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Sareh

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Siswo

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Setyo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian :                      

isi

kreatif

skor

sangat berisi

Sangat kreatif

4

berisi

kreatif

3

kurang berisi

Kurang kreatif

2

Tidak berisi

Tidak kreatif

1

 

Pedoman Penilaian

Penilaian Keterampilan                      :   

 

HANDOUT

Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw Periode Makkah

 

1.    Substansi dakwah Rasulullah SAW

Substansi ajaran Islam periode Makkah, yang didakwahkan Rasulullah SAW di awal kenabiannya adalah sebagai berikut :

b.     Aqidah

Rasulullah saw. diutus oleh Allah Swt. untuk membawa ajaran tauhid. Masyarakat Arab yang saat ia dilahirkan bahkan jauh sebelum ia lahir, hidup dalam praktik kemusyrikan.

c.     Akhlak Mulia

Dalam hal akhlak, Nabi Muhammad saw. tampil sebagai teladan yang baik (ideal). Sejak sebelum menjadi nabi, ia telah tampil sebagai sosok yang jujur sehingga diberi gelar oleh masyarakatnya al-Amin (yang dapat dipercaya). Ia merupakan sosok yang suka menolong dan meringankan beban orang lain. Ia juga membangun dan memelihara hubungan kekeluargaan serta persahabatan. Nabi Muhammad saw. tampil sebagai sosok yang sopan, lembut, menghormati setiap orang, dan memuliakan tamu. Selain itu, Nabi Muhammad saw. juga tampil sebagai sosok yang berani dalam membela kebenaran, teguh pendirian, dan tekun dalam beribadah.

2.    Strategi dakwah Rasulullah SAW.

a.    Dakwah secara sembunyi-sembunyi selama 3-4 tahun.

Cara ini ditempuh oleh Rasulullah SAW karena beliau begitu yakin, bahwa masyarakat Arab jahiliah, masih sangat kuat mempertahankan kepercayaan dan tradisi warisan leluhur mereka. Sehingga mereka bersedia berperang dan rela mati dalam mempertahankannya. Pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi ini, Rasulullah SAW menyeru untuk masuk Islam kepa orang-orang terdekatnya yakni keluarga dan para sahabatnya.

b.     Dakwah Secara terang-terangan

Dakwah secara terang-terangan ini dimulai sejak tahun ke-4 dari kenabian, yakni setelah turunnya wahyu yang berisi perintah Allah SWT agar dakwah itu dilaksanakan secara terang-terangan. Pada tahap ini rasululloh mengajak sanak keluarga, kaumnya dan masyarakat mekah.

3.    Reaksi masyarakat terhadap dakwah nabi

Reaksi kaum bermacam-macam, ada yang menerima dan ada yang menolak.

ajaran Islam bisa diterima dan dianut oleh mereka yang sebelumnya terbiasa dengan adat-istiadat masyarakat Arab dikarenakan:

a.     Pribadi Rasulullah saw. yang begitu luhur dan agung.

b.     Ajaran Islam yang rasional, logis, dan universal, menghargai hak-hak asasi manusia, memberikan hak yang sama, keadilan, dan kepastian hidup setelah mati

c.     Menyempurnakan ajaran-ajaran sebelumnya

d.     Kesadaran akan tradisi dan kebiasaan-kebiasaan lama yang begitu jauhdari nilai-nilai ketuhanan dan nilai-nilai kemanusiaan.

kaum Quraisy terus berupaya menggalang kekuatan agar Rasulullah saw. dan upayanya

dalam penyebaran ajaran Islam dapat dihentikan melalui:

-    mengajak berdialog

-    mempengaruhi abu thalib

-    memberi ancaman dan siksaan

-    memboikot bidang ekonomi dan politik

sebenarnya kaum quraisy mengetahui dan memahami betul bahwa ajaran Ilahi yang dibawa Rasulullah saw. adalah ajaran yang lurus, benar, dan haq. Akan tetapi karena beberapa alasan kaum kafir menolak dan menentang ajaran yang dibawa Rasulullah saw, diantaranya:

-          Kesombongan dan Keangkuhan

Mereka menganggap bahwa semua yang telah mereka lakukan adalah sesuatu yang benar. kaum Quraisy yang merasa suku mereka yang paling terhormat dan paling berpengaruh. Mereka memandang bahwa mereka lebih mulia dan tinggi derajatnya dari golongan bangsa Arab lainnya. Mereka tidak menerima ajaran persamaan hak dan derajat yang dibawa Islam. Oleh karenanya, mengakui dan menerima ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah saw. akan menurunkan dan menjatuhkan derajat dan martabat serta mengancam kedudukan mereka.

-          Fanatisme Buta terhadap Leluhur

Kebiasaan yang telah mengakar kuat dan turun-temurun dalam melaksanakan penyembahan berhala dan kemusyrikan lainnya, menyebabkan mereka sangat sulit menerima ajaran nabi.

 

-          Eksistensi dan Persaingan Kekuasaan

Jika mereka menerima Rasulullah saw. dengan ajaran yang dibawanya, tentu saja akan berakibat pada lemahnya pengaruh dan kekuasaan mereka. Kekuasaan dan pengaruh yang selama ini mereka dapatkan dengan menghalalkan berbagai cara, tentu sangat bertolak belakang dengan ajaran Rasulullah saw.

 

4.    Perjanjian suci

a.     Perjanjian Aqabah I

orang-orang Yasrib berjanji kepada Nabi untuk tidak menyekutukan Tuhan, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak, tidak mengumpat dan memfitnah, baik di depan atau di belakang, jangan menolak berbuat kebaikan. Siapa mematuhi semua itu akan mendapat pahala surga dan kalau ada yang melanggar, persoalannya kembali kepada Allah Swt.

b.     Perjanjian Aqabah II.

orang-orang Yasrib berjanji kepada Nabi sebagai berikut, “Kami berikrar, bahwa kami sudah mendengar dan setia di waktu suka dan duka, di waktu bahagia dan sengsara, kami hanya akan berkata yang benar di mana saja kami berada, dan di jalan Allah Swt. kami tidak gentar terhadap ejekan dan celaan siapapun.”

 

5.    Hijrah

a.     Hijrah ke Habsyi

Tahap pertama terdiri dari 15 orang( 11 L dan 4 p), tujuannya untuk menghindari bahaya penyiksaan kafir quraisy. Tahap kedua terdiri dari 80 orang laki-laki.

b.     Hijrah ke Madinah

Semakin meningkatnya siksaan kafir qurais terhadap umat islam mendorong nabi muhammad untuk memerintahkan sahabat dan pengikutnya untuk berhijrah ke yasrib. Nabi membangun masjid quba. Sejak itu nama yasrib diganti dengan nama madinah.

6.    Perilaku yang dapat diteladani dan hikmah dari dakwah Rasulullah Saw di Mekah

Perilaku yang dapat diteladani:

a.     Memiliki sikap tangguh, penerapan dalam kehidupan:

1)    Menggunakan waktu untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan prestasi yang tinggi.

2)    Secara terus-menerus mencoba sesuatu yang belum dapat dikerjakan sampai ditemukan solusi untuk mengatasinya.

3)    Melaksanakan segala peraturan di sekolah sebagai bentuk pengamalan sikap disiplin dan tanggung jawab.

4)    Menjalankan segala perintah agama dan menjauhi larangannya dengan penuh keikhlasan.

5)    Tidak putus asa ketika mengalami kegagalan dalam meraih suatu keinginan.

b.     Memiliki jiwa rela berkorban

1)    Menyisihkan waktu sebaik mungkin untuk kegiatan yang bermanfaat.

2)    Mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

3)    Menyisihkan sebagian harta untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Hikmah yang dapat diambil:

a.     menjalankan amar ma’ruf nahi munkar pasti akan mendapatkan pertolongan Allah SWT

b.     Seorang rasul tidak bisa memberi petunjuk (hidayah) bahkan kepada keluarga dan orang yang dicintai sekalipun.

c.     Memahami bahwa Allah SWT pasti akan menguji seseorang yang akan terpilih menjadi utusan atau rasul-Nya. Oleh karena itu sangat wajar bila sesorang ingin menjadi pemimpin atau menduduki jabatan tertentu terlebih dahulu harus diuji.

d.     Dapat mengambil contoh cara-cara berdakwah yang dilakukan nabi saw, yaitu sangat bijaksana, pandai menggunakan kesempatan yang berharga, dapat menarik perhatian orang tanpa menimbulkan kebosanan

e.     Dapat meneladani Nabi SAW sebagai uswatun khasanah, artinya sikap dan amal perbuatan beliau sehari-hari adalah teladan yang baik, terutama terhadap ajaran Islam yang didakwahkannya

No comments:

Post a Comment