KISI - KISI SOAL UTS I
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS : VI (ENAM)
TERTULIS
NO. |
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
KISI – KISI SOAL |
BENTUK SOAL |
||
1. |
Membaca Al-Qur’an Surah pendek pilihan |
1.1.
Membaca
Q.S. Al-Qadr dan Q.S. ‘Alaq ayat 1-5 1.2.
Mengartikan
Q.S. Al-Qadr dan Q.S. ‘Alaq ayat 1-5 |
Q.S. Al-Qadr dan Al-‘Alaq ayat 1-5 |
- Menyebutkan bunyi bacaan Q.S. Al-Qadr - Menentukan ayat dari Q.S. Al-Qadr - Melanjutkan ayat dari Q.S.Al-‘Alaq - Menyebutkan bunyi bacaan Q.S. Al-‘Alaq - Menyebutkan hukum bacaan pada Q.S. Al-‘Alaq - Mengartikan Q.S. Al-Qadr - Menyebutkan
kemulian lailatul Qadar - Menyebutkan amalan
sunah pada malam lailatul Qadra - Menyebutkan arti kata pada Q.S. Al - ‘Alaq ayat
1-5 - Menyebutkan ayat Q.S. Al-‘Alaq dengan penciptaan
manusia - Menyebutkan isi kandungan Q.S. Al-Qadr |
- Disajikan transliterasi ayat dari Q.S. Al-Qadr, peserta
didik dapat menulis bunyi bacaan ayat tersebut dengan huruf Al-Qur’an. - Peserta didik dapat menentukan salah satu ayat
dari Q.S. Al-Qadr. - Disajikan potongan ayat dari Q.S. Al-Qadr, peserta
didik dapat melanjutkan ayat tersebut. - Disajikan Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5 secara acak,
peserta didik dapat mengurutkan ayat tersebut dengan tepat. - Disajikan salah satu ayat dari Q.S. Al-‘Alaq ayat
1-5, peserta didik dapat mentransliterasikan ayat tersebut. - Peserta didik dapat menyebutkan hukum bacaan pada
kata yang bergaris bawah dari salah satu ayat Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5. - Disajikan salah satu ayat dari Q.S. Al-Qadr,
peserta didik dapat menyebutkan arti
ayat tersebut. - Disajikan narasi tentang kemuliaan lailatul Qadr,
peserta didik dapat menyebutkan ayat yang berkaitan dengan pernyataan
tersebut. - Peserta didik dapat meyebutkan amalan sunah pada malam
Lailatul Qadar. - Peserta didik dapat menyebutkan arti kata yang
bergaris bawah dari salah satu ayat Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5. - Disajikan narasi tentang asal diciptakan manusia,
peserta didik dapat menyebutkan bunyi bacaan ayat Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5 yang berkaitan dengan pernyataan
tersebut. - Peserta didik dapat menyebutkan 3 isi yang
terkandung dalam Q.S. Al-Qadr. |
1 2 3 4 5 6 |
16 17 18 19 |
26 27 |
2. |
Menyakini adanya Hari Akhir |
2.1. Menyebutkan nama hari Akhir 2.2. Menjelaskan tanda hari Akhir |
Iman Kepada Hari Akhir |
- Menyebutkan contoh kiamat sughra - Menyebutkan macam-macam hari kiamat - Menyebutkan arti nama-nama hari akhir - Menyebutkan Keterkaitan Al-Qur’an dengan hari
akhir - Menyebutkan nama Malaikat terkait hari akhir - Menyebutkan bacaan mendengar ada orang meninggal
dunia -Menyebutkan makhluk Allah yang menyesatkan - Menyebutkan yang tanda-tanda hari akhir - Menyebutkan tanda-tanda kiamat kubra |
- Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh kiamat
sughra - Disajikan narasi orang meninggal dunia, peserta
didik dapat menyebutkan kiamat yang tepat. - Disajikan table nama - nama hari akhir dan artinya
secara acak , peserta didik dapat menyebutkan pasangan yang tepat. - Peserta didik dapat menyebutkan arti salah satu
nama hari akhir. - Peserta didik dapat menyebutkan Surah Al-Qur’an
yang berkaitan dengan hari akhir. - Peserta didik dapat menyebutkan nama Malaikat yang
bertugas meniup sangkakala di hari akhir. - Peserta didik dapat menyebutkan nama bacaan ketika
mendengar ada orang meninggal dunia. - Peserta didik dapat menyebutkan makhluk Allah yang
menyesatkan manusia sebelum hari kiamat tiba. - Peserta didik dapat menyebutkan yang bukan
tanda-tanda kecil (sughra)hari akhir. - Peserta didik dapat menyebutkan 3 tanda-tanda
kiamat kubra. |
7 8 9 10 11 |
20 21 22 |
28 29 |
3. |
Menceritakan Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan
Musailamah Al-Kadzab |
3.1. Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal 3.2. Menceritakan perilaku Musailamah Al-Kadzab |
Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al-Kadzab |
- Julukan istri Abu Lahab - Surah Al-Qur’an terkait Abu Lahab - Nama lengkap Abu Lahab - Contoh penganiayaan Abu Jahal terhadap Nabi - Menyebutksn nama sahabat nabi yang dianiaya Abu
Jahal - Menyebutkan nama kota asal Musailamah Al-Kadzab - Menyebutkan nama perang yang menewaskan Musailamah Al-Kadzab - Menyebutkan nama orang yang membunuh Musailamah
Al-Kadzab |
- Peserta didik dapat menyebutkan julukan istri Abu
Lahab. - Peserta didik dapat menyebutkan nama surah yang
mengisyaratkan celakanya Abu Lahab. - Peserta didik dapat menyebutkan nama asli Abu
Jahal - Disajikan narasi tentang Abu Jahal. Peserta didik dapat menyebutkan
3 penganiayaan Abu Jahal terhadap diri Nabi Muhammad saw. - Peserta didik dapat menyebutkan nama sahabat nabi yang
dianiaya Abu Jahal. - Peserta didik dapat menyebutkan negeri asal
Musailamah Al-Kadzab. - Peserta didik dapat menyebutkan nama perang yang mengakibatkan
tewasnya Musailamah Al-Kadzab. - Peserta didik dapat menyebutkan nama sahabat nabi
yang berhasil menumpas Musailaimah Al-Kadzab dan para nabi palsu lainnya |
12 13 14 15 |
23 24 25 |
30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PRAKTEK
NO. |
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
KISI – KISI SOAL |
1. |
Membaca Al-Qur’an Surah pendek pilihan |
1.1
Membaca
Q.S. Al-Qadr dan Q.S. ‘Alaq ayat 1-5 1.2. Mengartikan Q.S. Al-Qadr dan Q.S. ‘Alaq ayat
1-5 |
Q.S. Al-Qadr dan Al-‘Alaq ayat 1-5 |
- Melafalkan Q.S. Al-Qadr dan Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5
dengan tartil - Mengartikan Q.S. Al-Qadr dan Q.S. Al-‘Alaq ayat
1-5 dengan tartil |
- Peserta didik dapat melafalkan dan mengartikan
Q.S. Al-Qadr dan Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5 |
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment