Tabel
1.2 Identifikasi
Isu dengan APKL
NO |
Identifikasi Isu |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
A |
P |
K |
L |
|||
1. |
Kurang Optimalnya Pelayanan
Perpustakaan di SD Negeri 1 Larangan
|
+ |
+ |
- |
+ |
Tidak Memenuhi
Syarat |
2. |
Kurang Optimalnya Pembinaan Kebersihan dan
Kesehatan lingkungan di SD Negeri 1 Larangan |
+ |
+ |
+ |
+ |
Memenuhi Syarat |
3. |
Kurang
Optimalnya Penegakan Kedisiplinan tehadap
Guru di SD Negeri 1 Larangan |
+ |
- |
+ |
- |
Tidak Memenuhi Syarat |
4. |
Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD
Negeri 1 Larangan |
+ |
+ |
+ |
+ |
Memenuhi Syarat |
5. |
Kurang Optimalnya Penegakan Kedisiplinan
Peserta di SD Negeri 1 Larangan |
+ |
+ |
- |
+ |
Tidak Memenuhi
Syarat |
Keterangan : +
= memenuhi kriteria
= tidak memenuhi criteria
Tabel 1.3 Pemilihan isu melalui kriteria
USG
No |
Isu |
Parameter |
Jumlah |
||
U |
S |
G |
|||
1. |
Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD
Negeri 1 Larangan |
5 |
5 |
4 |
14 |
2. |
Kurang Optimalnya Pembinaan
Kebersihan dan Kesehatan lingkungan di SD Negeri 1 Larangan |
4 |
4 |
4 |
12 |
Keterangan:
U (Urgency) : Seberapa mendesak
suatu isu harus dibahas,dianalisis dan ditinjaklanjuti.
S(Seriousness):Seberapa serius suatu isu harus dibahas dikaitkan
denganakibat yang ditimbulkan.
G (Growth) : Seberapa besar kemungkinan memburuknya isu
tersebutjika tidak ditangani sebagaimana mestinya.
Tabel 1.4: Penetapan Isu
Isu yang diangkat |
: |
Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD
Negeri 1 LaranganKabupaten Purbalingga |
Rancangan Kegiatan |
: |
1. Sosialisasi
Program dan Motifasi 2. Pembuatan
Jurnal Shalat Harian 3. Pembiasaan
Bacaan Shalat 4. Gerakan
Pembiasaan Shalat Duha dan Dzuhur 5. Lomba Praktik
Shalat,Adzan dan Surat – surat Pendek |
A.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah pada
perancangan aktualisasi ini adalah :
1.
Bagaimana upaya kita Mengoptimalkan Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga?
2.
Bagaimana mengetahui keterkaitan antara kegiatan yang diusulkan dengan
substansi mata pelatihan Manajemen ASN, Pelayanan Publik dan WoG dan
nilai-nilai dasar PNS (Nilai ANEKA) yang mendasari kegiatan baik secara
langsung maupun tidak langsung?
Bagaimana keterkaitan antara visi, misi, nilai
organisasi dari isu yang diangkat?
B.
Tujuan Penulisan
Tujuan yang akan dicapai dalam Pendidikan dan Latihan
Dasar CPNS Golongan III adalah mengaktualisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS
dengan berprinsip pada Manajmen ASN, Pelayan Publik, dan Whole ofGoverment
dalam Penentuan Gagasan Pemecahan Isu yang akan dilakukan di SD Negeri 1 Larangan
Kabupaten Purbalingga. Tujuan dapat dirinci sebagai berikut:
1. Mampu merencanakan gagasan
Kreatif agar dapat menyelesaikan Isu KurangOptimalnya Gerakan Pembiasaan
Shalat agar Peserta didik terbiasa
melaksanakan Shalat di SD
Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga.
2. Mampu Menginternalisasi dan
mengaktualisasikan Nilai Dasar Aparatur Sipil Negara Pada Pelaksanaan gagasan
Kreatif/ Kegiatan dalam Mengatasi Isu Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan
Shalat di SD Negeri 1 Larangan.
3. Mengidentifikasi Kontribusi gagasan Kreatif/ Kegiatan yang dilakukan
terhadap pencapaian visi, misi dan Nilai Organisasi
C.
Manfaat Penulisan
Manfaat dari perancangan aktualisasi ini yaitu:
1. Meningkatkan Motifasi Siswa dalam Melaksanakn Ibadah Wajib Shalat 5 Waktu di SD Negeri 1 Larangan Kabupaten
Purbalingga.
Mampu menginternalisasi dan
mengaktualisasikan serta menghabituasikan nilai-nilai ANEKA di lingkungan SD
Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga.
2. Mampu
mewujudkan SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga mencapai Visi Misi dan
Tujuan organisasi serta menguatkan nilai-nilai instansi.
D.
Dampak Jika Isu tidak di tangani
1.
Peserta didik banyak
yang tidak hafal gerakan dan bacaan shalat
Peserta didik tidak melaksanakan shalat yang
merupakan kewajiban sebagai umat agama islam
Rancangan Aktualisasi
Unit kerja |
: |
SD N 1 Larangan |
Identifikasi Isu |
: |
1. Kurang Optimalnya
Pelayanan Perpustakaan di SD Negeri 1 Larangan (Pelayanan Publik) 2. Kurangnya Pembinaan tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan di SD
Negeri 1 Larangan (Pelayanan Publik) 3. Kurang Optimalnya
Penegakan kedisiplinan
kedatangan Guru di SD Negeri 1 Larangan (Manajemen ASN, WoG) 4. Kurang
optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan (Pelayanan Publik) 5. Kurang optimalnya Penegakan kedisiplinan Siswa di SD Negeri 1 Larangan ( Manajeman ASNPelayanan Publik) |
Isu yang Diangkat |
: |
Kurang
optimalnya Pembiasaan Shalat di SD
Negeri 1 Larangan (Pelayanan
Publik) |
Gagasan Pemecahan Isu |
: |
Optimalisasi Gerakan Pembiasaan
Shalat di SD Negeri 1 Larangan |
Kegiataan yang akan dilakukan |
: |
1.
Sosialisasi
Program dan Motifasi 2. Pembuatan
Jurnal Shalat Harian 3. Pembiasaan
Bacaan dan Gerakan Shalat 4. Gerakan
Pembiasaan Shalat Duha dan Dzuhur 5. Kompetisi
Praktik Shalat, Adzan dan Hafalan Surat Pendek |
No |
Kegiatan |
Tahapan kegiatan |
Output/Hasil Kegiatan |
Nilai-nilai Dasar ANEKA |
Kontribusi terhadap Visi Misi Organisasi |
Penguatan Nilai-nilai Organisasi |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
1. |
Mensosialisasikan Program (Inisiatif yang disetujui Pimpinan) |
|
Tersosialisasikannya program pembiasaan shalat |
|
Kontribusi kegiatan ini adalah sebagai perwujudan misi
SD Negeri 1 Larangan yang Ketiga : 1. Meningkatkan sumber daya manusia 2. Meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas dan
berguna 3. Meningkatkan pendidikan rokhani dan kemandirian |
Nilai-nilai
organisasi dalam
kegiatan ini adalah sPeRWIRA: Pengabdian Rapi Wibawa Iman Ramah Aman |
|
1. Konsultasi
bersama Kepala Sekolah tentang aktualisasi dengan pengajuan program pembiasaan |
Hasil konsultasi berupa berita acara konsultansi |
a. Akuntabilitas, nilai ini tercermin dalam kepemimpinan
Kepala sekolah sebagai pimpinan
lembaga, Kemudian hasil di terapkan dan didokumentasikan sebagai wujud Tanggung Jawab, serta wujud Transparansi Program Pada Kepala Sekolah |
|||
2.
Berkordinasi dengan Rekan Sejawat |
Hasil Kordinasi berupa berita acara
konsutasi |
a.
Musyawarah dan berkordinasi dengan
Teman Sejawat |
||||
3.
Mengumpulkan
Siswa dan wali Murid Terkait Program |
Dokumen Hasil Sosialisasi |
a.
Nasionalisme
(Sila Ke -4), Nilai ini tercermin dalam Etika Publik, Hal ini tercermin dalam Kerjasama dengan Peserta didik dalam
pemasangan Banner, sosialisai dan Komunikasi dengan orangtua |
||||
4.
Pembuatan Pamflet untuk mengisi Mading dengan tema Ajakan Shalat |
Terciptanya isi
mading yang memotifasi teman lain melaksanakan Shalat |
a. Anti Korupsi, Peserta didik ikut berperan untuk pengisian Mading sebagai
wujud Kerja keras |
||||
5.
Pemasangan pamflet di Mading bersama Siswa |
Baner terpasang dengan Baik di empat
strategis yang banyak dlihat |
a. Komitmen Mutu, Pemasangan Mading bersama siswa menjadikan
Pemasangan lebih Efektif dan Efisien. |
||||
2. |
Membuat Jurnal Shalat harian (Inisiatif yang disetujui pemimpin) |
|
|
|
|
|
3. |
Pembiasaan Bacaan dan Gerakan
Shalat (Tupoksi) |
|
|
|
|
|
4. |
Gerakan Shalat Duha dan Dzuhur Berjamaah(Tupoksi) |
|
|
|
|
|
5. |
Melaksanakan Perlombaan Gerakan dan bacaan Shalat, Adzan dan
Suratan Pendek (inisiatif
yang disetujui Pemimpin ) |
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment