Friday, April 16, 2021

CONTOH RANCANGAN AKTUALISASI LATSAR CPNS TERBARU

 

 

Tabel 1.2 Identifikasi Isu dengan APKL

NO

Identifikasi Isu

KRITERIA

Keterangan

A

P

K

L

1.

Kurang Optimalnya Pelayanan  Perpustakaan di SD Negeri 1 Larangan 

+

+

-

+

Tidak Memenuhi Syarat

2.

Kurang Optimalnya Pembinaan Kebersihan dan Kesehatan lingkungan di SD Negeri 1 Larangan

+

+

+

+

Memenuhi Syarat

3.

Kurang Optimalnya Penegakan Kedisiplinan tehadap  Guru di SD Negeri 1 Larangan

+

-

+

-

Tidak Memenuhi Syarat

4.

Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan

+

+

+

+

Memenuhi Syarat

5.

Kurang Optimalnya Penegakan Kedisiplinan Peserta di SD Negeri 1 Larangan

+

+

-

+

Tidak Memenuhi

Syarat

Keterangan : +    = memenuhi kriteria

= tidak memenuhi criteria

 

Tabel 1.3 Pemilihan isu melalui kriteria USG

No

Isu

Parameter

Jumlah

U

S

G

1.

Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan

5

5

4

14

2.

Kurang Optimalnya Pembinaan Kebersihan dan Kesehatan lingkungan di SD Negeri 1 Larangan

4

4

4

12

 

Keterangan:

 U (Urgency)         : Seberapa mendesak suatu isu harus dibahas,dianalisis dan ditinjaklanjuti.

S(Seriousness):Seberapa serius suatu isu harus dibahas dikaitkan denganakibat yang ditimbulkan.

G (Growth)                : Seberapa besar kemungkinan memburuknya isu tersebutjika tidak ditangani sebagaimana mestinya.

 

Tabel 1.4: Penetapan Isu

Isu yang diangkat

:

Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 LaranganKabupaten Purbalingga

Rancangan Kegiatan

:

1.  Sosialisasi Program dan Motifasi

2.  Pembuatan Jurnal Shalat Harian

3.  Pembiasaan Bacaan  Shalat

4.  Gerakan Pembiasaan Shalat Duha dan Dzuhur

5.  Lomba Praktik Shalat,Adzan dan Surat – surat Pendek

 

A.   Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah pada perancangan aktualisasi ini adalah :

1.    Bagaimana upaya kita Mengoptimalkan Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga?

2.    Bagaimana mengetahui keterkaitan antara kegiatan yang diusulkan dengan substansi mata pelatihan Manajemen ASN, Pelayanan Publik dan WoG dan nilai-nilai dasar PNS (Nilai ANEKA) yang mendasari kegiatan baik secara langsung maupun tidak langsung?

Bagaimana keterkaitan antara visi, misi, nilai organisasi dari isu yang diangkat?

B.   Tujuan Penulisan

Tujuan yang akan dicapai dalam Pendidikan dan Latihan Dasar CPNS Golongan III adalah mengaktualisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS dengan berprinsip pada Manajmen ASN, Pelayan Publik, dan Whole ofGoverment dalam Penentuan Gagasan Pemecahan Isu yang akan dilakukan di SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga. Tujuan dapat dirinci sebagai berikut:

1.     Mampu merencanakan gagasan Kreatif agar dapat menyelesaikan Isu KurangOptimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat  agar Peserta didik terbiasa melaksanakan Shalat di SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga.

2.     Mampu Menginternalisasi dan mengaktualisasikan Nilai Dasar Aparatur Sipil Negara Pada Pelaksanaan gagasan Kreatif/ Kegiatan dalam Mengatasi Isu Kurang Optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan.

3.     Mengidentifikasi Kontribusi gagasan Kreatif/ Kegiatan yang dilakukan terhadap pencapaian visi, misi dan Nilai Organisasi

C.   Manfaat Penulisan

Manfaat dari perancangan aktualisasi ini yaitu:

1.      Meningkatkan Motifasi Siswa dalam Melaksanakn Ibadah Wajib Shalat 5 Waktu di SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga. 

Mampu menginternalisasi dan mengaktualisasikan serta menghabituasikan nilai-nilai ANEKA di lingkungan SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga.

2.      Mampu mewujudkan SD Negeri 1 Larangan Kabupaten Purbalingga mencapai Visi Misi dan Tujuan organisasi serta menguatkan nilai-nilai instansi.

D.   Dampak Jika Isu tidak di tangani

1.            Peserta didik banyak yang tidak hafal gerakan dan bacaan shalat

Peserta didik tidak melaksanakan shalat yang merupakan kewajiban sebagai umat agama islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rancangan Aktualisasi

 

Unit kerja

:

SD N 1 Larangan

Identifikasi Isu

:

1.    Kurang Optimalnya Pelayanan Perpustakaan di SD Negeri 1 Larangan (Pelayanan Publik)

2.    Kurangnya Pembinaan tentang  kebersihan dan kesehatan lingkungan di SD Negeri 1 Larangan (Pelayanan Publik)

3.    Kurang Optimalnya Penegakan  kedisiplinan kedatangan  Guru di SD Negeri 1 Larangan (Manajemen ASN, WoG)

4.    Kurang optimalnya Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan (Pelayanan Publik)

5.    Kurang optimalnya Penegakan kedisiplinan Siswa di SD Negeri 1 Larangan  ( Manajeman ASNPelayanan Publik)

Isu yang Diangkat

:

Kurang optimalnya Pembiasaan Shalat di      SD Negeri 1 Larangan (Pelayanan Publik)

Gagasan Pemecahan Isu

:

Optimalisasi Gerakan Pembiasaan Shalat di SD Negeri 1 Larangan

Kegiataan yang akan dilakukan

:

1.      Sosialisasi Program dan Motifasi

2.      Pembuatan Jurnal Shalat Harian

3.      Pembiasaan Bacaan dan Gerakan Shalat

4.      Gerakan Pembiasaan Shalat Duha dan Dzuhur

5.      Kompetisi Praktik Shalat, Adzan dan Hafalan Surat Pendek


 

No

Kegiatan

Tahapan kegiatan

Output/Hasil Kegiatan

Nilai-nilai Dasar

ANEKA

Kontribusi terhadap Visi Misi Organisasi

Penguatan Nilai-nilai Organisasi

1

2

3

4

5

6

7

1.

Mensosialisasikan Program (Inisiatif yang disetujui Pimpinan)

 

Tersosialisasikannya program pembiasaan shalat

 

Kontribusi kegiatan ini adalah sebagai perwujudan misi SD Negeri 1 Larangan yang Ketiga  :

1. Meningkatkan sumber daya manusia

2. Meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas dan berguna

3. Meningkatkan pendidikan rokhani dan kemandirian

Nilai-nilai organisasi dalam kegiatan ini adalah sPeRWIRA: 

Pengabdian

Rapi

Wibawa

Iman

Ramah

Aman

 

1.    Konsultasi bersama Kepala Sekolah tentang aktualisasi dengan pengajuan program pembiasaan

Hasil konsultasi berupa berita acara konsultansi

a.    Akuntabilitas, nilai ini tercermin dalam kepemimpinan Kepala sekolah  sebagai pimpinan lembaga, Kemudian hasil di  terapkan dan didokumentasikan  sebagai wujud Tanggung  Jawab, serta wujud Transparansi Program Pada  Kepala Sekolah

2.    Berkordinasi dengan Rekan Sejawat

 

Hasil Kordinasi berupa berita acara konsutasi

a.    Musyawarah dan berkordinasi dengan Teman Sejawat

 

3.    Mengumpulkan Siswa dan wali Murid Terkait Program

Dokumen Hasil Sosialisasi

a.    Nasionalisme (Sila Ke -4),  Nilai ini tercermin dalam

Etika Publik, Hal ini tercermin dalam Kerjasama dengan Peserta didik dalam pemasangan Banner, sosialisai dan Komunikasi dengan orangtua

4.    Pembuatan Pamflet untuk mengisi Mading dengan tema Ajakan Shalat

 

Terciptanya isi mading yang memotifasi teman lain melaksanakan Shalat

a. Anti Korupsi, Peserta didik ikut berperan untuk pengisian Mading sebagai wujud Kerja keras

5.    Pemasangan pamflet di Mading bersama Siswa

Baner terpasang dengan Baik di empat strategis yang banyak dlihat

a.    Komitmen Mutu, Pemasangan Mading bersama siswa menjadikan Pemasangan lebih Efektif dan Efisien.

2.

Membuat Jurnal Shalat harian (Inisiatif yang disetujui pemimpin)

 

 

 

 

 

3.

Pembiasaan Bacaan dan Gerakan  Shalat (Tupoksi)

 

 

 

 

 

4.

Gerakan Shalat Duha dan Dzuhur Berjamaah(Tupoksi)

 

 

 

 

 

 

5.

Melaksanakan Perlombaan Gerakan dan bacaan Shalat, Adzan dan Suratan Pendek  (inisiatif yang disetujui Pemimpin )

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment